Ketua Komisi V DPR RI Janji Akan Bangun Rusun di UNU Kalbar | Pontianak Satu

Ketua Komisi V DPR RI Janji Akan Bangun Rusun di UNU Kalbar

Foto: Lasarus DPR RI dapil II Kalbar.
PONTIANAK SATU - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menjanjikan pembangunan sebuah rumah susun (rusun) di sekitaran Kampus Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat. Janji tersebut diutarakan Lasarus saat mengunjungi kampus UNU Kalbar, Jalan Parit Derabak Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Sabtu (01/02/2020) pagi.

"Saya lihat kampus ini kan fasilitasnya masih minim, ya. Kebetulan kan ada program dari Kementerian PUPR untuk universitas-universitas yang mahasiswanya cukup banyak, tapi fasilitasnya minim. Kemudian mahasiswa-mahasiswa yang banyak berasal dari kabupaten-kabupaten yang jauh dan tidak punya tempat tinggal di sekitar kampus. Jadi ada peluang dari Kementerian PUPR untuk membangun rusun berupa asrama nantinya," ujarnya kepada awak media.

Legislator dari daerah pemilihan Kalimantan Barat 2 ini juga memastikan bahwa rusun tersebut akan dimulai pembangunannya pada tahun 2021 mendatang. Adapun total anggaran yang disiapkan untuk membangun rusun berkisar antara Rp14 milyar hingga Rp19 milyar.

"Secara kasat mata, kampus UNU Kalbar memang sangat layak untuk dibangun rusun. Jadi, Pak Rektor (UNU) silakan bikin pengajuan dan sampaikan langsung ke saya," imbuhnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat itu menambahkan bahwa pihaknya tidak cuma menyiapkan bangunan fisik rusun. Barang-barang furnitur seperti tempat tidur, lemari dan perabotan lainnya juga turut dilengkapi, sehingga mahasiswa UNU nantinya hanya tinggal menempati rusun tersebut.

"Jadi nanti mahasiswa tinggal menempati. Masuk tinggal tidur nanti mahasiswa," tukasnya.

Menanggapi bantuan yang dijanjikan Lasarus, Rektor UNU Kalbar Dr. Rachmad Sahputra menyatakan bahwa bantuan tersebut memang sangat diperlukan oleh mahasiswanya. Terlebih, lokasi kampus UNU memang jauh dari permukiman warga, sehingga mahasiswanya cukup kesulitan dalam mencari tempat tinggal.

"Sesuatu (bantuan) yang saat ini memang diperlukan terlebih mahasiswa kami berasal dari berbagai daerah yang jauh-jauh. Jadi bantuan ini bagi kami sangat berharga sekali karena sangat meringankan mahasiswa dalam mencari tempat tinggal. Soal ketersediaan lahan, kita tentu siap karena kampus UNU masih punya lahan yang cukup luas," tandasnya. (*)

TerPopuler