Ciptakan Pupuk Organik, Mahasiswa KKM Fisip Untan Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik | Pontianak Satu

Ciptakan Pupuk Organik, Mahasiswa KKM Fisip Untan Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Foto: Pelatihan Dan Penyuluhan KKM Untan Pengolahan Pupuk Organik Di Desa Ansiap, Kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mampawah.
PONTIANAK SATU - Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tanjungpura adakan penyuluhan dan pelatihan pembuatan pupuk organik di Desa Ansiap, Kecamatan Sadaniang Kabupaten Mempawah, Senin (3/2/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perangkat desa Ansiap, kelompok tani, dan warga desa sekitar.

Kegiatan yang digelar oleh kelompok 25 KKM Fisip Untan itu, tidak hanya menyampaikan materi, namun juga langsung mengajarkan mengolah bahan mentah untuk dijadikan pupuk organik.

Daniel ketua Tim  penyuluhan dan pembuatan pupuk organik mengatakan, pembuatan pupuk organik mandiri sangat simple dan bahannya mudah diperoleh dari sekitar desa.

"Pembuatan pupuk organik mandiri sangatlah simpel, penyediaan bahan ada di lingkungan sekitar, seperti rumput, jerami atau sekam padi dan kotoran ternak," katanya.

Lebih lanjut Daniel menjelaskan, pupuk organik ini sangat tinggi manfaatnya, tanaman menjadi sehat tanpa bahan kimia dan pupuk organik sangat cocok untuk berbagai macam tanaman seperti padi dan sayuran.

Selain itu, Daniel juga berharap dengan diselenggarakan penyuluhan dan pelatihan pembuatan pupuk organik bisa meningkatakn minat petani untuk menggunakannya.

"Mudah-mudahan dengan materi dan pelatihan ini, masyarakat Desa Ansiap bisa tertarik mencoba mengolah tanaman menggunakan pupuk organik dan rajin dalam bertani," tambahnya.

Supin ketua kelompok KKM juga menyampaikan, progam penyeluhan dan pelatihan tersebut diselenggaran karena kondisi masyarakat yang sangat antusias untuk mengolah pertanian.

"Program ini kami selenggarakan karena melihat situasi dan kondisi dilapangan. Saya melihat warga desa Ansiap antusias untuk mengolah pertanian dan perkebunan, sehingga ini akan membantu meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan," ungkapnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya penyuluhan dan pelatihan ini bisa memajukan pertanian masyarakat desa.

"Dengan pelatihan ini saya berharap bisa  memajukan pertanian dan perkebunan petani, karena nantinya  dari hasil tersebut bisa dijual keluar," harapnya.

Hendinatus sebagai Sekretaris desa Ansiap yang juga hadir pada pelatihan itu, sangat mendukung pelatihan pembuatan pupuk organik yang diseleggrakan mahasiswa KMM Fisip Untan, karena masyarakat secara umum bekerja sebagai petani.

"Saya sangat mendukung program penyuluhan dan pelatihan pembuatan pupuk organik yang diadakan oleh mahasiswa KKM Fisip Untan. Apalagi pada umumya masyarakat Desa Ansiap adalah petani, maka sangat baik program ini bisa terlaksana di Desa Ansiap, terutama mengacu pada kemandirian dibidang pertanian," pungkasnya. (Ardianus Ardi/jurnalis warga)

TerPopuler