Tujuh Kabupaten Ikuti Pilkada, KPU Kalbar Buka Pendaftaran Anggota PPK | Pontianak Satu

Tujuh Kabupaten Ikuti Pilkada, KPU Kalbar Buka Pendaftaran Anggota PPK

Foto Komisioner KPU Kalbar, Lomon.
PONTIANAK SATU - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2020 Provinsi Kalimantan Barat, Komisioner KPU Provinsi Kalbar, Lomon mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera membuka pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau yang disingkat dengan PPK untuk pilkada tahun 2020 mendatang.

Diungkapkannya, Lomon mengatakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada tahun 2020 di Kalbar ini ada tujuh kabupaten yang menyelenggaran pilkada,  sebagaimana KPU telah dan sedang melaksanakan beberapa tahapan.

Antara lain tahapan itu adalah tentang kesiapan penganggaran, pendaftaran pemantau, pelaksana hitung cepat dan jajak pendapat serta pengumuman syarat minimal dan sebaran dukungan calon perseorangan.

Sedangkan tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada tersebut antara lain adalah Kabupaten Sambas, Bengkayang, Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu, Melawi dan Ketapang.

"Kami mengingatkan kepada rekan-rekan KPU di daerah tersebut agar mensosialisasikan pembentukan anggota PPK secara luas sebelum masa pembentukan berlangsung mulai 15 Januari sampai dengan 14 Februari 2020," katanya. Dilansir dari tribunpontianak.co.id

Lomon menegaskan pentingnya tujuan sosialisasi itu ialah, agar diketahui oleh masyarakat luas, dan bagi yang berminat dapat menyiapkan diri lebih awal dan harapannya kuota pelamar dapat terpenuhi hingga batas waktu pembentukan.

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh anggota PPK diantaranya adalah tercatat sebagai warga negara Indonesia.

Berusia paling rendah 17 tahun, tidak menjadi anggota partai politik, berpendidikan paling rendah sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat, tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota atau DKPP.

Hal ini sesuai dengan pasal 18 Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2017 tentang Tata Kerja KPU, KPU Provinsi /KIP Aceh, KPU/KIP Kabupaten/Kota, Pembentukan dan Tata Kerja Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara, dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

"Bagi masyarakat yang berminat bergabung dengan PPK silahkan menghubungi KPU Kabupaten setempat," pungkasnya. (MR)

TerPopuler