Tingkatkan Kualitas SDM dan Perekonomian, Pemdes Sungai Rengas Gelar Pelatihan Sablon | Pontianak Satu

Tingkatkan Kualitas SDM dan Perekonomian, Pemdes Sungai Rengas Gelar Pelatihan Sablon

Foto : Usai pelatihan sablon foto bersama Kepala Desa Sungai Rengas, Heri Kurniawan, ST dan pemateri Edi Cakra dari Corak Tinta Pontianak beserta pemuda Karang Taruna Desa Sungai Rengas dan juga Mahasiswa KKM Fisip Untan.
PONTIANAK SATU - Pemerintah Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya gelar Pelatihan Sablon Pemuda Desa Sungai Rengas yang dilaksanakan di aula kantor Desa Sungai Rengas, jum'at (17/1/2020).

Dengan tujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan perekonomian masyarakat Desa Sungai Rengas, terutama bagi para pemuda yang ada di Desa Sungai Rengas, maka yang menjadi peserta dalam pelatihan tersebut adalah para pemuda Desa Sungai Rengas, serta memperlancar berjalannya kegiatan tersebut Pemerintah Desa Sungai Rengas juga bekerjasama dengan Mahasiswa KKM dari Fisip Untan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Sungai rengas, Heri Kurniawan, ST menyampaikan bahwa pelatihan sablon tersebut merupakan hari kelima, sebelumnya ia menceritakan bahwa telah melaksanakan pelatihan jamur tiram dan sosialisasi pertanahan. Hal itu dilakukan dalam waktu yang sangat dekat.

Maka Heri pun berharap dengan adanya pelatihan sablon tersebut akan membawa perubahan dan kemajuan untuk Desa Sungai Rengas, sehingga pemuda pun bisa termotivasi.

"Harapan kami dengan adanya pelatihan ini pemuda Sungai Rengas bisa lebih termotivasi. Harapannya bisa dicatat mulai dari awal penyablonan hingga akhir. Maka kedepan nantinya bisa dipraktekkan. Mudah-mudahan kedepan bisa kita lakukan apa yang direncanakan", harapnya.

Kemudian Heri megatakan bahwa pada waktu mendatang pihaknya akan melakukan pelatihan bordir yang bertujuan untuk meningkatkan SDM dan perekonomian Desa Sungai Rengas.

"Nantinya kita akan melakukan pelatihan bordir utuk peningkatan SDM melalui pelatihan dan untuk meningkatakan perekonomian", ungkapnya.

Ia pun sangat berterima kasih kepada pemateri yang telah menyempatkan waktu untuk memberi materi tentang tata cara sablon.

"Terima kasih kepada pemateri yang telah memyempatkan dalam kegiatan ini serta bersedia untuk menjadi pemateri. Semoga ilmunya bisa barokah. Kedepannya pemuda bisa meminta arahan dari pemateri", ucapnya.

Yakin dan percayalah, lanjut Heri, bahwa ilmu yang kita berikan tidak akan habis. Ia pun mendoakan pemateri "semoga rezekinya selalu mengalir", ujarnya.

"Sebagaimana ada tiga hal yang akan kita bawa ketika mati yaitu: Ilmu yang bermanfaat, anak yang shaleh dan amal jariyah", imbuhnya.

Kemudian, Ia juga mengatakan bahwa pihaknya juga berharap kepada mahasiswa KKM dari Fisip Untan agar tetap solidaritas dan kerjasamanya. Karena menurutnya masih banyak yang harus dibantu di Desa Sungai Rengas.

"Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan saat ini bermanfaat", harapnya.

Kemudian Edi Candra selaku pemateri dari sablon Corak Tinta Pontianak menceritakan, bahwa ia bekerja menjadi tukang sablon  sudah 12 tahun lamanya. Jadi sudah wajar suka dan duka telah dilaluinya hingga saat ini pun menjadi pengusaha sablon di Kota Pontianak dengan nama "Corak Tinta".

"Saya dari tahun 2008 menjadi tukang sablon ini", sebutnya.


Menurutnya, melakukan sablon tersebut tidak sulit, hanya saja waktu yang agak lama adalah proses dari pengeringan dalam kata lain adalah pembuatan film.

Namun yang dimaksud dengan film sablon  bukan berarti film tentang sablon atau film dokumenter ataupun film dalam artian gambar bergerak. Melainkan Film sablon adalah sebuah desain yang sudah diprint di atas kertas hvs/kertas kalkir yang akan digunakan untuk mengafdruk screen.

"Yang lama itu proses pembuatan dan pengeringan yaitu pembuatan filmnya. Ketika giliran menyablon sebentar jak", pungkasnya.

Penulis : Rokib

TerPopuler