Tingkatkan Kapasitas Fasilitasi Penyusunan RPJMDes, TPPI P3MD Kabupaten Sambas Laksanakan Rakor | Pontianak Satu

Tingkatkan Kapasitas Fasilitasi Penyusunan RPJMDes, TPPI P3MD Kabupaten Sambas Laksanakan Rakor

Foto : Usai Rakor awal tahun 2020 di Sekretariat Pendamping Desa Kabupaten Sambas.
PONTIANAK SATU - Di awal tahun 2020 P3MD Kabupaten sambas laksanakan rapat koordinasi, adapun pokok bahasan adalah Peningakatan Kapasitas TPPI untuk fasilitasi penyusunan RPJM Desa pada 123 desa yang baru saja laksanakan pilkades serentak, bermpat di Sekretariat Pendamping Desa Kabupaten Sambas. Selasa, (21/01/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid PMD Kab. Sambas (Wiwin Supriadi, SE. ME ), Tim Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Sambas, PDP, PDTI dan PLD se Kabupaten Sambas.

Adapun Materi Yang Dibahas pada rapat koordinasi ini di antaranya, Penyusunan RPJMDesa 2020 - 2025 khusus 123 Desa sesuai dengan Permendesa No. 17 Tahun 2019, LPJ, LPPD, LKPPD 2019, Mekanisme Penyaluran sesuai PMK 205/2019 dan Pelaksanaan Kegiatan 2020, Siskeudes 2020, IDM 2020.

Pada kesempatan ini Kabid PMD Wiwin menyampaikan. "Konektivitas pemdes dengan tenaga pendamping harus sinergis, selain itu pola koordinasi P3MD dengan Pihak dinas tetap terjalin dan ini perlu adanya komitmen bersama".

"Dalam penyusunan RPJMDes tenaga pendamping desa perlu adanya penekanan penekanan terhadap konsenterasi masalah yang ada di desa," lanjutnya.

Senada dengan itu, Koordinator Tenaga Ahli P3MD kabupaten sambas, Sholikin mengatakan dalam penyusunan RPJMDes hendaknya telah melakukan tahapan-tahapan yang diatur dalam regulasi.

"Seperti pembentukan tim RPJM desa, pencermatan keadaan desa, Melihat potensi desa, membedah peta sosial desa maka akan di jumpai berbagai masalah ditemukan dan akan dituangkan dalam RPJM desa sebagai bentuk solusi mengatasi maslah yang ada di desa," pungkasnya. (Syam)

TerPopuler