Sujiwo Resmikan Gedung Baru SDN 2 Sungai Raya, Berikut Penyampaiannya | Pontianak Satu

Sujiwo Resmikan Gedung Baru SDN 2 Sungai Raya, Berikut Penyampaiannya

Foto: Wakil Bupati Kubu Raya (kanan) saat mengunjungi gedung baru SDN 2 Sungai Raya.
PONTIANAK SATU - Wakil Bupati Kabupaten Kubu Raya, Sujiwo, SE meresmikan Gedung Baru SDN 2 Sungai Raya di Jalan Prona No.03, Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (25/01/2020).
Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Sungai Raya ini memiliki luas tanah 1.794 dengan NPSN. 30300149. yang berstatus Negeri atau kepemilikan Pemerintah Daerah.

Pada kesempatan itu, Sujiwo dalam Sambutannya berharap dengan adanya gedung baru ini mudah-mudahan akan semakin meningkatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau serta tentang tujuan berdirinya suatu pendidikan.

"Gedung hanya fasilitas, semua pihak bisa membangun, tetapi semangat kita adalah bagaimana kita bisa terus berusaha untuk memberikan pendidikan yang terjangkau dan berkualitas tinggi bagi para siswa dan itulah tujuan dari pendidikan", jelasnya

Kemudian, Sujiwo menegaskan tentang pendidikan, menurutnya tanpa adanya tiga pilar pendidikan, maka akan menghambat proses belajar mengajar dan peningkatan kualitas prestasi siswa.

"Tiga pilar pendidikan yang merupakan pondasi utama dari pendidikan yaitu Pemerintah, Sekolah dan Keluarga," imbuhnya.

Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menentukan regulasi yang mendukung dunia pendidikan.

Sujiwo juga berpesan bahwa sekolah selama ini dipahami sebagai tempat belajar siswa yang mampu menyelesaikan permasalahan siswa, memang tidak salah karena sekolah adalah tempat para guru yang berpendidikan.

"Namun dengan demikian, secara tidak langsung pemahaman tersebut sebenarnya mereduksi peran dari keluarga dalam mendidik siswa, padahal kita pahami bahwa keluarga adalah Sekolah pertama dari para siswa", lanjut Sujiwo

Dalam hal ini perlu dipahami bersama bahwa orang tua tidak bisa sepenuhnya membebankan kewajiban mendidik siswa kepada sekolah, tanpa adanya upaya untuk ikut terlibat dalam pendidikan siswa.

"Maka solusinya tentu dalam hal ini adalah peran orang tua perlu ditingkatkan, setidaknya orang tua tidak menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab mendidik siswa kepada sekolah, orang tua perlu mengawasi dan terlibat dalam proses pendidikan siswa, persepsi bahwa sekolah sebagai tempat belajar harus diubah," tegasnya.

Selain itu Keluarga pun diharapkan mampu menjadi sekolah utama pembentuk budi pekerti dan mental siswa sejak dini.

Sujiwo pun menghimbau kepada semua pihak akan pentingnya menjaga alam. Ia mengajak kepada semua masyarakat agar bersama-sama melestarikan alam dengan cara penghijauan.

Penanaman pohon adalah bagian dari agenda Sujiwo mengkampanyekan Back to Alam Sebagai wujud kepeduliannya terhadap alam.

Sebagaimana mengingat peristiwa beberapa bulan yang lalu sebelum musim hujan telah terjadi pembakaran hutan di tanah Borneo ini yang mengakibatkan asapnya merugikan semua masyarakat

Sementara itu, Kepala sekolah SDN 2 Sungai Raya, Mustika, S.Pd dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa dengan dibangunnya gedung baru atau penambahan kelas SDN 2 Sungai Raya ini adalah untuk difungsikan maksimal dalam proses belajar mengajar yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Mustika mengakui bahwa selama ini SDN 2 Sungai Raya mengalami kekurangan gedung/ kelas untuk menampung siswa sehingga berdampak pada terhambatnya proses belajar mengajar siswa.

"Itulah sebabnya kami memperjuangkan dan mengusulkan kepada Pemerintah Daerah untuk membangun gedung atau ruang kelas ini. Dan puji syukur, Alhamdulillah, akhirnya sekarang tercapailah memiliki gedung baru yang representatif ini", ucapnya penuh syukur.

Setelah sambutan wakil Bupati melanjutkan sesi peresmian gedung baru SDN 2 Sungai dengan pengguntingan pita di depan gedung baru tersebut dan dilanjutkan sesi penyerahan Bibit Tanaman secara simbolis oleh Bapak Wakil Bupati KKR Kepada Ibu Kepala Sekolah SDN 2 Sungai Raya. (MR)

TerPopuler