Pilkades 2023, Pemuda Desa Ini Siap Menjadi Agen Perubahan | Pontianak Satu

Pilkades 2023, Pemuda Desa Ini Siap Menjadi Agen Perubahan

Foto: Bobpi Kaliyono
PONTIANAK SATU - Bagi pandangan banyak orang, bahwa pemuda adalah sebagai Agent of Change (agen perubahan), sehingga Pemuda diharapkan harus berani menjadi garda terdepan demi kemajuan suatu wilayah, dalam upaya untuk membantu Pemerintah dalam mengatasi permasalahan atau ketertinggalan yang ada di kehidupan sosial masyarakat.

Bobpi Kaliyono, SH salah satu Pemuda yang berasal dari Desa Sekendal Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak yang menginginkan adanya suatu perubahan perbaikan di Desanya.

"Keinginan saya adalah perubahan besar baik di bidang pembangunan SDM, ekonomi serta infrastrukur. Inilah kemudian yang menjadi motivasi bagi saya untuk turut serta dalam Kontestasi Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) Sekendal tahun 2023 nanti," katanya, Senin (13/01/2020).

Bagi Pemuda kelahiran tahun 1996 ini, Pemuda harus bisa mengabdi dan mendedikasikan dirinya untuk memperjuangkan Hak dan kepentingan masyarakat Desa, salah satunya yaitu dengan masuk dalam dunia Pemerintahan.

"Undang-undang telah menjamin bahwa Pemuda juga memiliki Hak yang sama dengan warga negara yang lain," ujarnya

Meskipun Pemilihan Kepala Desa Sekendal akan dilaksanakan kurang lebih 2 (dha) tahun lagi menurut Bobpi sudah sangat perlu menyiapkan sejak dini.

"Saya rasa harus mempersiapkan sejak dini agar bisa melihat sejauhmana dukungan dan respon masyarakat. Pengalaman di beberapa Organisasi, saya rasa itu cukup menjadi modal menahkodai Desa Sekendal," terangnya.

Bobpi sangat yakin bahwa dirinya mampu membawa perubahan besar pada desa sekendal terutama dengan rencana program yang ia canangkan.

Melalui program unggulan dan berkelanjutan yang dicanangkan, yaitu pembangunan SDM, Pemanfatkan SDA dengan penguatan kemitraan, partisipatif dalam pembangunan serta menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat akan membawa perubahan besar dan tentu mewujudkan desa maju bahkan mandiri.

"Jika saya nanti diberikan amanah oleh masyarakat desa program-program tersebut akan benar-benar saya realisasikan sehingga masyarakat dapat merasakan kesejahteraan," tambahnya.

Apalagi saat ini, Desa mendapatkan kucuran dana dari Pemerintah Pusat yang bersumber dari dana APBN, hampir 1 Miliyar bahkan ada yang lebih dalam setahun.

"Selain itu, Kepala Desa saat ini menurut UU no 6 tahun 2014 menjabat selama 6 tahun tentu akan sangat membantu saya untuk menuntaskan program yang akan saya realisasikan," pungkasnya. (*)

TerPopuler