Peresemian Gedung VVIP Bandara Supadio Kubu Raya Beroperasi | Pontianak Satu

Peresemian Gedung VVIP Bandara Supadio Kubu Raya Beroperasi

Foto : Gubernur Kalimantan Barat, Sudtarmidji (Image/Humas)
PONTIANAK SATU – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menghadiri peresmian Gedung Very Very Important Person (VVIP) Provinsi Kalimantan Barat di Bandara Internasional Supadio Kubu Raya, Selasa 31 Desember 2019 lalu.

Peresmian operasional gedung ditandai penandatanganan prasasti oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan pemotongan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kalimantan Barat Lismaryani Sutarmidji.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Sujiwo mengapresiasi Gubernur Sutarmidji yang telah meresmikan gedung yang pembangunannya telah dilakukan sejak tujuh tahun lalu.

Sujiwo berharap gedung VVIP dapat difungsikan sebagaimana mestinya.  “Artinya kalau ada tamu-tamu VVIP sudah bisa diarahkan kesini,” ujarnya.

Sujiwo menuturkan, terkait keberadaan Bandara Supadio yang di wilayah Kubu Raya, maka Pemerintah Kabupaten Kubu Raya siap jika dilibatkan dalam pengelolaan gedung tersebut.

 “Pemerintah kabupaten misalnya, harus melakukan apa demi kesempurnaan gedung ini kita bersedia. Ini akan kita laporkan ke pak bupati. Karena kita juga bisa menggunakan gedung ini dan kebetulan wilayahnya di Kubu Raya. Jadi pada intinya kita siap untuk bekerja sama,” tuturnya.

Sujiwo menambahkan, keberadaan Bandara Supadio di wilayah Kubu Raya memberikan sejumlah benefit bagi daerah. Karena itu, ia memandang perlunya timbal balik dari daerah berupa bantuan dalam penataan bandara pada umumnya.

“Kita kedapatan sebagai wilayah (bandara). Kita sangat diuntungkan dengan keberadaan bandara ini. Ya tentunya kita harus bisa memberikan kontribusi terbaik untuk Bandara Supadio,” tuturnya.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menjelaskan, sejatinya pembangunan gedung VVIP telah dimulai sejak tujuh tahun silam. Namun karena penganggaran yang minim, gedung baru bisa diresmikan saat ini.

"Ini karena penganggarannya yang tidak besar. Makanya kita selesaikan biar bisa difungsikan," jelasnya.

Sutarmidji mengakui, gedung VVIP masih perlu penyempurnaan. Seperti perbaikan lanskap, pembuatan taman, dan sejumlah titik lainnya. Berkaitan dengan pengelolaan gedung, pihaknya juga akan mengkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait agar petugas yang menjaga gedung bisa disiagakan selama 24 jam. Kekurangan lainnya, menurutnya, akan disempurnakan.

“Pengelolaannya nanti kita ada kerja sama dengan Kodim dan lain-lain. Supaya ada petugas-petugasnya di sini. Karena petugas kita tidak mungkin bisa standby 24 jam. Sekarang sudah bisa difungsikan, cuma masih ada yang perlu diperbaiki lanskapnya, genangan airnya supaya tidak ada, tamannya dibaguskan, dan ada beberapa bangunan yang harus diperbaiki juga," paparnya.

Executive General Manager Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Supadio Eri Braliantoro mengucapkan selamat kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Kalbar atas peresmian gedung VVIP.

Ia berharap gedung yang baru diresmikan dapat difungsikan sebaik-baiknya.

"PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Supadio mengucapkan selamat kepada Pemerintah Daerah Kalimantan Barat yang hari ini telah meresmikan penggunaan gedung VVIP di Bandara Supadio. Kami harap para penumpang VVIP bisa menggunakan fasilitas ini dengan baik dan tentunya kami siap bekerja sama karena petugas pemeriksaan di gedung ini pun tetap menggunakan petugas dari Avsec Angkasa Pura II," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Eri juga menerangkan bahwa gedung VVIP lama yang dulunya digunakan oleh Pemprov Kalbar akan difungsikan sebagai ruang rapat. Sebab, sebelum dipinjamkan ke Pemprov Kalbar sebagai terminal VVIP, gedung milik Angkasa Pura II tersebut memang berfungsi sebagai ruang rapat.

Turut hadir pada peresmian tersebut Kapolda Kalbar, Pangdam XII Tanjungpura, Danlantamal XII Pontianak, Ketua DPRD Kalbar, dan kepala OPD di lingkungan Pemprov Kalbar. Hadir pula Dandim 1207/BS, Kapolres Kubu Raya, dan sejumlah pejabat lainnya.

Sumber : kuburayakab.go.id

TerPopuler