Pemkab Kubu Raya Gencarkan Program CMS, Desa Sungai Asam Terapkan Tahun Ini | Pontianak Satu

Pemkab Kubu Raya Gencarkan Program CMS, Desa Sungai Asam Terapkan Tahun Ini

Foto: Musyawarah Dusun Suka Damai Desa Sungai Asam Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya
PONTIANAK SATU - Musyawarah Dusun (Musdus) Suka Damai Desa Sungai Asam Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya tentang pembahasan usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2021, Kamis (30/01/2020).

Kades Sungai Asam Sumardi menerangkan, pemerintah daerah kabupaten Kubu Raya menganjurkan 5 (lima) program antara lain infrastruktur, kesehatan, pendidikan, penguatan kelembagaan desa dan pemberdayaan masyarakat.

"Yang nantinya menjadi prioritas dan diintegrasikan dalam Rencana Kerja Pemerintah dan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (red,APBDes)," jelasnya.

Sesuai dengan program indikatif, lanjut Sumardi, pemerintah daerah merencanakan kegiatan RT dan RW akan menjadi usulan di tingkat dusun agar bisa memperhatikan perihal tersebut.

"Sebelum ditetapkan dalam rencana kerja pemerintah desa Sungai Ssam tahun 2021 pada pelaksanaan musrembang desa pada awal Februari mendatang," tambah kepala desa Sungai Asam.

Ia juga menyampaikan, jika tahun 2020 desa Sungai Asam termasuk salah satu desa yang menerapkan Cash Management System (CMS) dalam pelaksanaan APBDes.

"CMS merupakan sistem pembayaran non-tunai dalam pelaksanaan kegiatan yang ada di APBDes, baik meliputi ADD dan DD," ungkapnya.

Sedangkan, Muhammad Ali Ketua BPD Desa Sungai Asam dalam sambutannya menyampaikan, jika pelaksanaan kegiatan nantinya dapat diimplementasikan sesuai usulan hasil RKPDes.

PJ. Kades desa persiapan permata jaya masyarakat khususnya RT dan RW dusun suka damai memperhatikan, kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat, posyandu, pustu dan poskedes menjadi penting untuk di tingkatkan mengingat proses penanganan pertama kesehatan masyarakat ketika dirujuk ke rumah sakit harus melalui pustu dan poskesdes.

"Maka peningkatan pelayanan dan sarana prasarana juga perlu diperhatikan agar pencegahan dini dapat dilakukan di desa," katanya.

"Cuaca hujan dan kondisi jalan poros desa sungai asam tepatnya di jalan poros desa persiapan permata jaya sulit dilalui, beberapa perwakilan masyarakat baik RT dan RW berhalangan hadir pada kegiatan musdus ini," pungkasnya.

Mat Sabar selaku kepala dusun Suka Damai akan berkoordinasi kepada perwakilan masyarakat, RT/RW yang berhalangan hadir.

"Kami akan koordinasi dengan perwakilan masyarakat tentang usulan kegiatan rencana kerja pemerintah desa Sungai Asam tahun 2021," katanya. (*)

TerPopuler