Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo Berpesan Pemuda Harus Ambil Peran Penting di Desa | Pontianak Satu

Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo Berpesan Pemuda Harus Ambil Peran Penting di Desa

PONTIANAK SATU - Sujiwo, SE Wakil Bupati Kubu Raya saat diwawancara terkait kepemudaan desa menyampaikan beberapa poin penting, baik itu peran pemuda sebelum dan sesudah kemerdekaan serta secara spesifik apa yang harus dilakukan pemuda desa dalam menghadapi revolusi industry 4.0, Rabu (04/12/2019).

“Pemuda itu punya peran yang besar di mana pun mereka berada, baik itu di desa, Kabupaten/Kota, Provinsi dan pada khusus untuk bangsa ini," katanya saat ditemui di ruangan kerja wakil bupati Kubu Raya.

Sejarah ini sudah membuktikan lanjut orang nomor dua di Kubu Raya, bahwa peran pemuda itu sangat luar biasa, baik itu sebelum kemerdekaan mapun sesudahnya.

"Bahkan cikal bakal diproklamasikan kemerdekaan pada tahun 1945, tonggak perjuangan itu dimulai sejak 1908 oleh kaum pemuda yang ditandai dengan kebangkitan nasional yang dipelopori Dr. Soetomo, dan kawan-kawannya," jelas Wakil Bupati Kubu Raya itu.

Kemudian berlanjut pada kongres pemuda 1926-1928 yang dikenal dengan sumpah pemuda. Cikal bakal kemerdekaan tidak bisa dipisahkan dari pemuda.

"Nah setelah merdeka peran pemuda juga sangat luar biasa seperti peristiwa 1998 hingga menumbangkan orde baru,” paparnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan Peran dan kekuatan pemuda itu sangat luar biasa bahkan bung Karno itu pernah menyapaikan.

Berikan aku 1000 orang tua maka akan aku cabut semeru dari akarnya dan berikan aku 10 pemuda niscaya akan saya guncang dunia.

"Artiya pemuda itu menjadi ujung tombak untuk segalanya, apalagi sekarang memasuki era digital atau revolusi industry 4.0 pemuda semuanya harus sudah tersentuh pendidikan," jelas Sujiwo dengan semangatnya.

Di era digital atau era yang serba cepat peran pemuda saat ini dituntutut mampu melakukan disemua sektor.

"Pemuda harus berperan aktif untuk kepentingan bangsa dan negara serta untuk kepentingan daerah, dan untuk kemaslahatan umat," terangnya.

Kemudian secara spesifik wakil bupati Kubu Raya yang kerap disapa Mas Jiwo itu menyampaikan harapannya terhadap pemuda khusunya di tingkat perdesaan

"Saat ini khusus pemuda desa harus mengambil peran penting seperti menjadi kepala desa, perangkat desa, berinovasi dan tidak kalah penting pemuda itu harus memiliki ide serta gagasan untuk kepentingan dan kemajuan desa," katanya.

Sejalur dengan yang diharapkam oleh Gebernur Kalimantan Barat saat ini ingin mewujudkan desa mandiri, maka peran pemuda saat ini sangat dibutuhkan di level perdesaan.

"Pemerintah Kabupaten Kubu raya pun memiliki perhatian lebih terhadap pemuda agar mampu meningkatkan kapasitasnya guna mampu bersaing di era digital ini," pungsaknya. (*)

TerPopuler