PMII UNTAN Budayakan Literasi Bersih dari Hoax | Pontianak Satu

PMII UNTAN Budayakan Literasi Bersih dari Hoax

Foto: PMII Rayon FKIP UNTAN Gelar Pelatihan Jurnalistik Media Online.
PONTIANAK SATU - Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon FKIP UNTAN menggelar pelatihan jurnalistik dengan tema Jurnalistik Media Online, di gedung Konferensi Untan, Kamis (19/12/2019)

Kesan terbaik setelah mengikuti pelatihan jurnalistik dengan tema Jurnalistik Media Online.

Pelatihan yang sangat menginspirasi, selain mendapatkan ilmu dan wawasan tentang dunia jurnalistik dengan pemateri yang sudah mahir di bidangnya yaitu sahabat Muhammad Rokib.

"Maka saya selaku salah satu peserta pelatihan jurnalis ini merasa sangat terinspirasi, karena kedua kalinya saya belajar jurnalistik dan di sinilah saya benar-benar paham dengan materi yang disampaikan bahkan bisa dikatakan saya baru dapat hidayahnya seputar ilmu jurnalistik," ucap Tutik Selaku leserta sekaligus Pengurus PMII FKIP UNTAN.

Tutik berharap materi yang didapatkan pada kesempatan itu bisa diaplikasikan dengan baik kedepannya.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi saya sendiri. Semoga bisa mengamalkan ilmu ini dan bisa diaplikasikan nantinya di media online sehingga dari inilah kita belajar mengabadikan budaya literasi bersih dari hoax", harapnya.

Selain itu, Ia juga berharap bahwa setelah kegiatan pelatihan tersebut akan ada wadah bagi para peserta.

"Harapan saya sahabat di satu wadah pelatihan ini juga bisa berkontribusi untuk mengaplikasikan ilmunya di luar forum ini, karena sedikit banyaknya kita pasti tau akan ilmu ini," ungkapnya.

Penulis : Tutik Rukmini (Jurnalis Aktivis)


Selanjutnya...


PMII UNTAN Merawat Khazanah Literasi Lewat Jurnalistik Media Online

PONTIANAK SATU - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Budiotomo Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Tanjungpura (FKIP UNTAN), Gelar pelatihan Jurnalistik dengan tema Jurnalistik Media Online, di gedung Konferensi UNTAN, Kamis (19/12/2019).

Pentingnya mengabadikan suatu kegiatan maupun peristiwa dalam bentuk tulisan merupakan salah satu hal pokok yang mendasari hadirnya kegiatan ini.

Menulis sebagai awal ungkapan ide dan gagasan seseorang, hal ini harus dibekali dengan ilmu kepenulisan terutama merawat khazanah di bidang literasi.

Itu salah satu tujuan diadakannya pelatihan jurnalistik yang dipersiapakan oleh pengurus rayon Budi Utomo bagi kader-kader PMII Rayon Budi Utomo FKIP Untan.

Pemateri yang luar biasa dihadirkan dalam pelatihan jurnalistik tersebut, sahabat Muhammad Rokib yang pengalaman dalam dunia jurnalistik sudah tidak diragukan lagi.

"Pelatihan jurnalistik dijadikan wadah bagi kader-kader PMII untuk bisa mendalami bakat menulis para kader PMII," ujar Khoirunnisa selaku Sekretaris Ketua Rayon PMII FKIP UNTAN.

Sebagai proses, jurnalistik merupakan aktivitas mencari, mengolah, dan menulis, serta menyebarluaskan informasi kepada publik melalui media massa ataupun media sosial. Sehingga informasi yang ditulis dapat dibaca oleh khalayak ramai atau secara publik.

"Tips awal sebagai penulis ialah, niat, keinginan dan semangat, Biasakan membaca, biasakan menulis dan nikmatilah proses menulis," papae Muhammad Rokib saat menyampaikan materi jurnalistik.

Sehingga di era digital ini penyumbang gagasan terbesar itu berasal dari penulis.

"Maka dari itu sangat ditekankan bagi kader-kader PMII khusunya kader Rayon Budi Utomo untuk mendalami dunia jurnalistik dan mengamalkan ilmu-ilmu yang sudah didapat dari pelatihan jurnalistik tersebut," pungkasnya.

Harapan pengurus PMII Rayon FKIP UNTAN agar pelatihan ini tetap dilanjutkan oleh kepengurusan selanjutnya nanti.

Penulis : Syaadah (Jurnalis Aktivis)

TerPopuler