Tugas BPS Jawa Barat dalam Mengelola Data Kependudukan

Tahukah kamu tentang sensus penduduk yang dilakukan oleh BPS Jawa Barat? Sebagian orang mungkin pernah mendengar istilah ini, tapi belum banyak yang benar-benar memahami apa maksudnya. Sensus merupakan proses pengumpulan data melalui pencacahan setiap unit populasi dari seluruh wilayah Indonesia.

Biasanya kegiatan sensus dilakukan untuk tujuan tertentu. Misalnya, mengetahui bagaimana tingkat perkembangan penduduk dalam segi penghasilan, pekerjaan, maupun jumlah anggota keluarga. Sensus penduduk ini dilakukan oleh Badan Pusat Statistik di daerah masing-masing dengan mengerahkan petugas sensus mendatangi rumah penduduk.

Pada sensus penduduk 2020 lalu kegiatan pencacahan data dilakukan dengan cara daring, yaitu penduduk mengakses sendiri ke laman resmi sensus BPS untuk melakukan pengisian data. Sebagian besar masyarakat mengikuti cara pengisian sensus digital ini, sedangkan untuk sisanya dilakukan pencacahan luring.

Sensus atau cacah jiwa ini menjadi tugas utama BPS. Setelah proses sensus selesai, maka akan didapatkan jumlah dari sebuah populasi yang datanya dapat digunakan untuk proses pemilu, pengumpulan pajak, atau penetapan kebijakan ekonomi negara. Biasanya sensus dilaksanakan dalam jangka 10 tahun.

BPS adalah lembaga pemerintah non-departemen dengan pertanggungjawaban langsung ke presiden yang diatur bagaimana kerja dan tugas utamanya oleh UU no 16 Tahun 1997. Mau kenal dan tahu lebih banyak mengenai badan sensus nasional ini? Mari simak penjelasan berikut ini.

Apa Tugas BPS Jawa Barat?

Badan Pusat Statistik memiliki tugas utama melaksanakan tugas pencacahan dan pemerintahan bidan statistik lainnya yang diatur oleh UU. Dalam menjalankan tugasnya, dilakukan beberapa tahap mulai dari pengisian, penggolongan, hingga pelaporan data ke presiden kemudian ke masyarakat umum.

Data dari pusat statistik bersifat terbuka dan umum, kamu bisa mendapatkan layanan informasi mengenai data statistik nasional melalui website resmi atau aplikasi BPS Jawa Barat. Untuk informasi lengkapnya silakan unduh di laman resmi situsnya. Selain tugas utama di atas, terdapat fungsi badan statistik, yaitu:

  1. Melakukan pengkajian, penyusunan rencana, dan perumusan kebijakan dalam bidang statistik daerah maupun nasional.
  2. Melakukan koordinasi kegiatan pencacahan jiwa baik regional maupun nasional.
  3. Menetapkan sistem statistik nasional.
  4. Menyediakan tenaga kerja dan fasilitas untuk melaksanakan tugas pencacahan jiwa.
  5. Melakukan pembinaan terhadap instansi terkait sesuai bidang kerjanya di kegiatan statistik.
  6. Mengumpulkan data dan mengolahnya menjadi informasi bermanfaat untuk pemerintah dan rakyat.
  7. Mengumumkan hasil sensus, berupa pelaporan kepada Presiden dan pengumuman resmi kepada masyarakat melalui BPS masing-masing wilayah

Dalam perkembangannya tugas dan fungsi BPS sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi. Secara umum, telah digunakan personal komputer untuk menggantikan pencatatan manual sehingga pencatatan menjadi lebih mudah dan cepat dilakukan. Penggunaan internet juga membantu dalam pengiriman data dari daerah ke pusat.

Informasi yang Didapatkan di BPS

BPS Jawa Barat mengumpulkan dan mengelola informasi yang berasal dari masyarakat di wilayah Jawa Barat. Informasi yang dikumpulkan segala hal mengenai penduduk, mulai dari usia, status perkawinan, jumlah anak dan tanggungan. Ini merupakan informasi dasar dalam sensus.

Selain itu, informasi mengenai pekerjaan, pendidikan, pendapatan, dan berbagai hal terkait perekonomian juga akan dikumpulkan sehingga datanya dapat dipergunakan pemerintah membentuk kebijakan ekonomi rakyat. Hasil dari data-data ini berupa tingkat perkembangan penduduk, keadaan kemiskinan, tingkat pengangguran, dan berbagai informasi lainnya.

Jika kamu membutuhkan informasi tersebut dapat langsung memintanya ke kantor BPS setempat atau menggunakan jalur online. Jika memilih langsung mendatangi BPS Jawa Barat, dapat langsung mendatangi resepsionis dan mengisi buku tamu. Kemudian meminta data yang dibutuhkan.

Selanjutnya Operator Digilib akan membantu kamu mencetak pustaka yang dibutuhkan. Selain itu, juga bisa mengajukan permintaan soft copy dengan mengisi form permintaan. Layanan konsultasi langsung ini bisa diakses selama jam kerja dari senin hingga jumat. Akan lebih mudah dan cepat apabila melampirkan surat pengantar.

Misalnya, data yang dibutuhkan adalah untuk penelitian di sekolah atau sebagai data skripsi, maka kamu perlu meminta kepada pihak sekolah maupun kampus memberikan surat pengantar. Adanya surat pengantar akan mempercepat proses pemberian data dari pihak BPS.

Jika tidak bisa mendatangi kantornya langsung, kamu bisa mengakses lama publikasi di situs resmi BPS. Pada halaman ini kamu akan menemukan informasi statistik kependudukan dan dapat dipilih sesuai tahun publikasinya. Di bagian bawah judul publikasi terdapat tombol untuk mengunduh.

Pengolahan Data yang Dilakukan BPS Jawa Barat

Tahapan pengolahan data merupakan tahap penting dalam menentukan seberapa tinggi tingkat keakuratan dan ketepatan data yang dihasilkan. Saat masih menjadi Biro Pusat Statistik, pengolahan data dilakukan secara manual menggunakan kalkulator dan sempoa sebagai alat hitung.

Kini, pencatatan dan pengolahan data sudah menggunakan cara modern, yaitu menggunakan komputer. Tepatnya, sejak 1960, kebijakan penggunaan komputer mulai dilakukan. Akan tetapi pada masa itu, untuk pencatatan data masih manual kemudian barulah diinput ke dalam komputer.

Saat ini seluruh pencatatan diusahakan langsung menggunakan perangkat komputer. Oleh sebab itu, pada sensus penduduk 2020 lalu, masyarakat diminta untuk mengisi sensus secara online, baik melalui website maupun aplikasi BPS Jawa Barat. Apakah kamu juga ikut mengisi sensus 2020 lalu?

Pengolahan data menggunakan komputer disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Pengolahan data menjadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, mempercepat pengiriman data dari daerah ke pusat sehingga hasil dari sensus didapatkan dengan waktu lebih singkat.

Manfaat Informasi Sensus dari BPS

Proses pencacahan penduduk dilakukan dalam waktu yang tidak dapat dikatakan singkat. Walaupun sudah menggunakan sistem komputer tetap saja dibutuhkan waktu untuk mengumpulkan data seluruh penduduk Indonesia yang jumlahnya tidak sedikit. Setelah semua informasi terkumpul, barulah dapat diolah menjadi data statistik yang bermanfaat bagi pemerintah.

Apa saja manfaat data tersebut? Ada tiga tipe data yang disuguhkan dari hasil pencacahan penduduk yaitu data sosial kependudukan, ekonomi perdagangan, dan pertanian pertambangan. Semua hasil statistik BPS Jawa Barat dapat digunakan untuk membuat berbagai kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, misalnya:

  1. Pembangunan fasilitas umum dengan menyesuaikan jumlah populasi penduduk di suatu wilayah.
  2. Pembangunan fasilitas pendidikan untuk mendukung generasi muda dalam mendapatkan pendidikan layak.
  3. Penambahan fasilitas kesehatan, terutama di wilayah dengan masyarakat yang mendapatkan layanan kesehatan minim.
  4. Pembukaan lapangan kerja dan pembinaan terhadap industri kreatif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.
  5. Pemberian bantuan bagi masyarakat miskin yang tepat sasaran.
  6. Pembinaan dan pelatihan kewirausahaan.
  7. Pengembangan bidang kehutanan, perikanan, perkebunan, dan peternakan dengan menyesuaikan wilayah persebarannya.
  8. Bantuan bagi petani tanaman pangan dan holtikultura yang sesuai peruntukannya dan tepat sasaran.

Jadi, bukan hanya untuk kebutuhan pemilu saja sensus penduduk dilakukan, melainkan ada berbagai fungsi lain yang penting bagi perkembangan perekonomian, pendidikan, juga kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, diharapkan seluruh lapisan masyarakat turut membantu dalam penyelenggaraan sensus penduduk .

Badan statistik memiliki fungsi dan tugas nyata dalam mengelola data kependudukan regional maupun nasional. Berbagai tugas penting dipegang oleh BPS tingkat provinsi menjadi sangat signifikan dalam proses pengumpulan data. Dengan mengisi formulir sensus BPS Jawa Barat, kamu sudah membantu pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sejahtera.