Kunjungan Kerja Syarief Abdullah Al Kadrie Sampaikan Perjuangan Pembangunan di Kalbar | Pontianak Satu

Kunjungan Kerja Syarief Abdullah Al Kadrie Sampaikan Perjuangan Pembangunan di Kalbar

Foto: Syarief Abdullah Al Kadrie bersama masyarakat di Sambas saat kunjungan kerja perseorangan untuk menyerap aspirasi, Kamis (27/12/2019)
KALBAR SATU - Kunjungan Kerja Perseorangan di masa sidang I atau reses tahun 2019, benar-benar dilaksanakan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Barat I, Syarief Abdullah Alkadrie.

Kunjungan tersebut dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat Sambas sekaligus silaturahmi di Aula Kantor Bupati Kabupaten Sambas, Kamis (27/12/2019).

Sebagai wakil rakyat dalam setiap masa reses diwajibkan turun langsung ke lapangan untuk mendengarkan keluhan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat dan mengetahui apa saja kebutuhan yang sangat dibutuhkan masyarakat di dapil.

Kedatangan legislator asal Kalimantan Barat (Kalbar) itu yang didampingi dengan mitra kerjanya kepala balai SDA, Balai Bina Marga Jalan Jembatan dan Balai Cipta Karya, disambut baik oleh Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili.

Kehadiran Wakil Rakyat asal Kalbar tersebut,.mencerminkan betapa sangat pentingnya putra daerah berada di pusat khususnya DPR RI untuk memperjuangkan aspirasi daerahnya.

Pasalnya politisi dari Kalbar itu sejak berada di Komisi V, tercatat pada tahun 2016 dan tahun 2017 dirinya sangat intens mendorong pembangunan yang ada di Kalbar di antaranya adalah jembatan duplikasi Sungai Landak, yang sekarang sudah bisa diakses sejak bulan Mei lalu.

Pembangunan duplikasi jembatan tersebut dalam rangka mendukung konektivitas Kota Pontianak yang berkembang pesat dari sisi jumlah penduduk maupun aktivitas perekonomiannya.

Legislator asal Kalbar itu juga banyak mengusulkan hampir 2.000 rumah masyarakat yang tidak layak huni, telah diperjuangkan dan dibangun kembali melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan untuk tahun 2020 mendatang juga dirinya mengusulkan sebanyak 3804 rumah untuk direhab.

Selain itu, Syarief Abdullah juga berhasil memperjuangkan pembangunan jembatan gantung tahun 2018 di Kalbar dengan lokasi di Desa Tanjung Saleh Kabupaten Kubu Raya dan Desa Seburing Kabupaten Sambas.

Tidak sampai disitu pergerakan untuk membangun daerahnya sangat terpanggil pada tahun 2017 dan 2018, puluhan Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) mendapatkan bantuan irigasi dan persawahan melalui Program Percepatan Penataan Guna Air Irigasi (P3AI) dan di tahun 2019 telah diusulkan lebih 100 P3A se Kalbar.

Kemudian perbaikan dan mengoperasikan kembali pelabuhan Sintete Pemangkat Kabupaten Sambas berbuah hasil. Pelabuhan Sintete kembali beroperasi secara maksimal, dan pembangunan jembatan sungai Sambas besar terus menjadi perjuangannya dan pemerintah pusat telah menyetujui dan tinggal pelaksanaan pembangunannya yang diharapkan pada tahun 2019, begitu juga jalan Trans Nasional Mensere-Segarau terus dibangun pemerintah pusat.

Selain itu tercatat juga hampir 45 desa yang sudah dirasakan perjuangan Syarief Abdullah melalui Program Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW). Satu unit Rusunawa juga dibangun di Pondok Pesantren di Desa Penibung Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah melalui aspirasi yang diajukannya.

Beberapa Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) berhasil mendapatkan bantuan permodalan dari Kementerian Desa, begitu juga beberapa desa mendapatkan bantuan pembangunan embung desa serta jalan strategis termasuk asrama pelajar di Kabupaten Kapuas Hulu.

Selain itu, lebih dari 10.000 pelajar dari tingkatan SD, SMP, SMA dan SMK berhasil mendapatkan beasiswa melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang sebelumnya diajukan Syarief Abdullah Al Kadrie.

Bupati Sambas Atbah Dalam sambutannya menyampaikan kehadiran Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Al Kadrie, yang membidangi Infrastruktur Transportasi Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, memberikan angin segar yang sudah banyak perhatiannya terhadap proses pembangunan yang berdampak secara langsung terhadap ekonomi masyarakat di kabupaten Sambas.

"Kita harapkan mudah-mudahan komisi V DPR RI dengan hadirnya ini kita bangga sekali, karena beliau ini sangat perhatian dengan Sambas, kita merasakan kepeduliannya baik yang tercatat ataupun yang terdengar ataupun yang sudah kita rasakan, dan ini adalah angin segar buat kita untuk membangun kabupaten sambas semakin baik lagi," jelasnya saat memberikan sambutannya.

Sementara dikesempatan yang sama Syarief Abdullah memaparkan program-program yang dilakukannya selama lima tahun belakangan, khususnya yang terealisasi untuk Kabupaten Sambas seperti jembatan gantung yang sudah puluhan tahun dinantikan warga di tiga kecamatan di Kabupaten Sambas.

Berkat perjuangan yang dilakukannya kini warga di lingkungan Kecamatan Semparuk, Kecamatan Salat Tiga dan Kecamatan Selakau Timur bisa merasakan kemudahan yang diberikan pemerintah dalam beraktivitas lewat pembangunan jembatan tersebut.

Selain itu Syarief Abdullah meminta Pemerintah Pusat menyelesaikan pembangunan jalan straregis, Merbau-Sambas Kabupaten Sambas. dan Meminta pemerintah pusat merealisasikan pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar yang telah diusulkan pada tahun 2017 dan saat ini sudah selesai Detail Engineering Desain (DED).

Pembangunan jembatan ini sangat berdampak besar terhadap arus transportasi barang dan manusia serta membuka dan menghidupkan sentral ekonomi masyarakat.

Untuk menunjang pembangunan jembatan Sungai Sambas Besar, Syarief juga meminta pemerintah pusat untuk membangun jalan akses sepanjang 3 (tiga) kilometer menuju lokasi rencana pembangunan jembatan Sungai Sambas Besar.

"Tentu ini menjadi beberapa perhatian bagi kita, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sambas. Saya yakin untuk kabupaten Sambas ke depan bisa lebih cepat berkembang, selain memiliki letak daerah yang sangat strategis dengan daerah perbatasan sekarang sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dan menjadi beranda terdepan dengan perbatasan," terang Syarief Abdullah

Sementara, para tamu undangan yang hadir merespon baik atas kehadiran legislator asal Kalbar itu, Muhammad Irwan merasa sangat senang dengan hadirnya wakil rakyat yang sudah banyak memberikan kontribusi nyata terhadap Kabupaten Sambas

"Alhamdulillah kami selaku warga kecamatan Semparuk yang hadir hari ini kami mendengarkan langsung paparan dari Syarief Abdullah Al Kadrie, kami sangat bersyukur bisa secara langsung bertemu dengan beliau dan berterimakasih atas perjuangannya dengan hadirnya pembangunan jembatan gantung dan sekarang kami bisa secara langsung merasakannya," pungkasnya saat di wawancara oleh tim redaksi.

Turut hadir pada acara tersebut dari anggota DPRD Provinsi Fraksi NasDem Subhan, Wakil Ketua DPRD Kab Sambas Suryadi, Kepala Kejaksaan Negeri Sambas, Ketua Pengadilan Negeri Sambas, Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas beserta jajaran undangan Kepala Desa Kabupaten Sambas. (Mustofa)

TerPopuler