Gapoktan Firma Jaya Desa Sungai Selamat Kubu Raya akan Selamatkan Lahan Gambut | Pontianak Satu

Gapoktan Firma Jaya Desa Sungai Selamat Kubu Raya akan Selamatkan Lahan Gambut

Foto: Program Desa Peduli Gambut oleh Badam Restorasi Gambut dan Kemitraan bersama Gapoktan Firma Jaya Desa Singai Selamat Kabupaten Kubu Raya.
PONTIANAK SATU - Melalui program Desa Peduli Gambut oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Kemitraan, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Firma Jaya melakukan pelatihan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) di Desa Sungai Selamat, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Kegiatan tersebut dilakukan dari Senin-Rabu (9-11/12/2019), yang diisi dengan penyampaian materi tentang teknik PLTB serta praktek pembuatan pupuk organik ramah lingkungan dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan tersebut, dalam waktu dekat anggota Gapoktan Firma Jaya akan melakukan praktik PLTB berupa mini demplot holtikultura di lahan miliknya.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk percontohan bagi masyarakat desa sekitar, agar teknik PLTB tersebut dapat dilakukan oleh masyarakat atau kelompok petani lainnya.

Maella (40) selaku ketua Gapoktan Firma Jaya berencana melalui kegiatan perencanaan desa, akan menyalurkan pengetahuan teknik PLTB ini kepada masyarakat.

"Agar pengelolaan dan perlindungan ekosistem gambut yang ada di desa dapat dimanfaatkan dengan cara yang baik dan benar secara bersama-sama," ujarnya.

Senada yang diharapkan oleh Noercholis sebagai Fasilitator Desa Peduli Gambut, perlunya pengetahuan-pengetahuan dasar bagi masyarakat untuk melakukan PLTB.

"Kegiatan ini merupakan solusi positif dalam memanfaatkan ekosistem gambut, serta dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dalam mengelola pertanian di lahan gambut secara berkelanjutan," ungkapnya saat dihubungi oleh tim media. (*)

TerPopuler