Pengamat Usulkan Lima Strategis Bisa Atasi Banjir di Pontianak | Pontianak Satu

Pengamat Usulkan Lima Strategis Bisa Atasi Banjir di Pontianak

Selasa, 26 November 2019, 17.55
Foto: Herman Hofi Munawar, Pengamat Kebijakan Pemerintah dan Mantan Anggota DPRD Kota Pontianak, - (Image/Tribun Pontianak)
PONTIANAK SATU - Luasan daerah dan ketinggian banjir di Kota Pontianak semakin tahun semakin meningkat, hal itu disampaikan oleh pengamat kebijakan pemerintah yang juga merupakan Ketua PPP Kota Pontianak, Herman Hofi Munawar.

Hasil liputan Tribun Pontianak, Herman menilai harus ada langkah konkret dan nyata yang dilakukan oleh pemerintah setempat dalam mencegah terjadi banjir yang membawa kerugian semakin besar.

"Kondisi seperti itu harus diatasi, Pemkot tidak boleh menyerah. Pemkot harus melakukan langkah langkah yang strategis dan terukur," ujar Herman Hofi Munawar, Selasa (26/11/2019).

Setidaknya Herman Hofi memberikan lima saran teknis yang dapat dilakukan oleh Pemerintah kota (Pemkot) Pontianak.
  1. Pemkot harus melakukan audit drainase di Kota Pontianak baik koneksitasnya maupun jumlah dan persoalan lainnya.
  2. Pemkot harus membangun kolam-kolam embung, sejenis waduk di beberapa titik yang rendah dan cendrung banjir nya tinggi dan luas.
  3. Stop semenisasi di setiap perubahan harus menggunakan paping block.
  4. Buat regulasi yang mewajibkan setiap bangunan baik gedung pemerintah maupun perumahan rakyat mempunyai penampungan air di bawah tanah. 50 persen air yang jatuh ke atap bangunan harus tersalurkan dalam bak penampungan air.
  5. Menggerakkan lembaga pemberdayaan masyarakat yang ada di setiap kelurahan untuk memelihara parit dan sampah di setiap kelurahan.
"Kalau 5 aspek itu dilakukan Pemkot secara benar dan terukur saya yakin banjir bisa teratasi," ungkapnya.

TerPopuler