Inilah Temuan DPR RI Yessy Melania, saat Memantau Kondisi Pertanian di Kalbar | Pontianak Satu

Inilah Temuan DPR RI Yessy Melania, saat Memantau Kondisi Pertanian di Kalbar

Yessi Melania DPR RI Dapil II Kalimantan Barat
Foto: Yessi Melania (tengah), DPR RI Dapil II Kalimantan Barat saat memantau kondisi pertanian di Kabupaten Melawi, Rabu (27/11/2019).
PONTIANAK SATU - Dalam menjalankan tugas sehari-harinya selaku Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesai (DPR RI) Dapil II Kalimantan Barat, Yessy Melania sudah menunjukkan kerjanya dalam membangun dunia pertanian Indonesia khususnya di Kabupaten Melawi sebagaimana amanah yang diembannya saat ini dipercaya untuk bekerja di Komisi IV DPR RI membidangi pertanian.

Ditemui langsung saat melaksanakan kunjungan di Kabupaten Melawi, Rabu (27/11/2019), Yessy sapaan akrabnya, tidak segan untuk turun langsung memantau kondisi pertanian dan perkebunan di Kalimantan Barat.

Salah satu kegelisahan masyarakat yang muncul di daerah adalah terkait dengan menurunnya harga karet di Indonesia.

“Kalbar merupakan salah satu Provinsi penghasil karet terbesar di Indonesia, saya tentu saja dalam hal ini akan mendorong gebrakan dari pemerintah untuk mengatasi persoalan ini,” ujarnya di sela-sela kunjungan.

Ditanya terkait persoalan pertanian, Yessy mengatakan regenerasi pertanian di Indonesia penting diperhatikan, walaupun sudah ada tokoh-tokoh muda yang mulai melirik bidang pertanian, keterlibatan kaum muda di sektor pertanian masih lemah, dibutuhkan stimulan yang tepat untuk menumbuhkan minat kaum muda.

“Jangan dikira sektor ini selamanya hanya menggunakan peralatan dan cara-cara tradisional saja, penerapan revolusi pertanian 4.0 yang pasti akan didominasi oleh peralatan canggih serta modern yang sudah tersedia di depan mata dan potensi SDM (Sumber Daya Manusia, Red) terbesar yang akan menyerap penerapan ini adalah kaum muda,” jawab Yessy, saat ada pertanyaan terkait stimulan apa yang kiranya bisa menumbuhkan minat kaum muda di pertanian.
Yessi Melania DPR RI Dapil II Kalimantan Barat
Foto: Yessi Melania menjajaki lahan pertanian bersama masyarakat sekitar di Kabupaten Melawi.
Saat melaksanakan kunjungan ke kelompok tani, tidak lupa Yessy juga memperhatikan fasilitas permodalan untuk petani dan menginventarisasi tantangan bahkan hambatan petani lokal di Kalbar.

Dalam kesempatan tanya jawab, Yessy juga mendorong pembenahan sistem Bank Khusus Petani dan Asuransi Pertanian.

“Pemerintah harus terus membenahi sistem bank khusus petani dan asuransi yang baik guna membantu kemudahan dalam hal pembiayaan pada sektor pertanian,” tambah Yessy Melania.

Hasil inventarisasi tantangan pertanian di Kalbar yang diterima Yessy di lapangan menunjukan fakta-fakta yang perlu menjadi perhatian khusus Pemerintah dan Kementerian Pertanian terutama terkait Pemerataan Penyuluh, Optimalisasi peran penyuluh atau Balai Penyuluh Pertanian, Infrastuktur dan Alat termashk Mesin Pertanian yang menunjang para petani lokal dalam menghasilkan produk-produk pangan unggulan bagi Indonesia.

Kehadiran NGO (WWF Melawi) dalam kegiatan kunjungan juga diharapkan Yessy menjadi bagian penting untuk ikut dalam mendorong pertanian di daerah serta mengawal dan mengawasi implementasi program pemerintah.

"Aspirasi Petani akan terus disuarakan dan diperjuangkan di Senayan," ungkap Yessy dalam pertemuan itu.(*)

TerPopuler