DPRD Kalbar Suib, Ajak Generasi Millenial Jangan Malu Bertani | Pontianak Satu

DPRD Kalbar Suib, Ajak Generasi Millenial Jangan Malu Bertani

Sabtu, 16 November 2019, 13.31
Foto: Suib (kanan) saat foto bersama dengan Ismail Ketua Umum Cabang PMII Kubu Raya di acara Seminar Kemandirian Pangan. 
PONTIANAKSATU.ID - Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kubu Raya, bersama Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kubu Raya, gelar Seminar Kemandirian Pangan dengan tema Kewirausahaan Industri Sektor Pertanian dan Peternakan bagi Generasi Muda, Jumat (15/11/2019) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya.

Ketua cabang PMII Kubu Raya, Ismail S.AP, menyampaikan dalam sambutannya bahwa pentingnya peranan pemuda millenial dalam mendorong suatu daerah untuk mencapai swasembada pangan.

Contohnya di bidang pertanian dan peternakan karena ini merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan.

"Indonesia dalam kurun waktu 10-15 tahun kedepan diprediksi akan mengalami krisis petani muda, dan ini akan menjadi ancaman untuk keberlangsungan pangan bangsa ini," kata Ismail saat sambutannya.

Komisi II anggota DPRD Prov. Kalimantan Barat Suib, SE, perpesan kepada semua pemuda generasi millenial, bahwa jangan malu untuk menjadi petani.

"Karena ini berbicara soal hajat masyarakat banyak, tanpa petani maka tidak akan ada beras yang setiap hari kita makan," ujar Suib, Anggota Komisi II DPRD KALBAR.

Suib yang juga merupakan ketua Ikatan Alumni (IKA) PMII Kubu Raya menambahkan bahwa pokok utama dalam kehidupan ini adalah sektor industri dan pertanian oleh sebab itu jika kita ada peluang untuk mensosialisasikan terhadap elemen masyarakat yang memang ingin bertani dan beternak.

"Kita dorong mereka dengan edukasi di bidang pertanian dan peternakan agar pengelolaannya lebih efektif, karena kemandirian pangan berawal dari manjemen pengelolaan yang baik," tambahnya.

Hadir juga menjadi pembicara dalam acara tersebut Ketua DPRD Kab. Kubu Raya, Agus Sudarmansyah, Kadis Pertanian Kab. Kubu Raya, Gandhi Satyatgraha, Kepala Bulog Prov. Kalbar Bubun Subroto, dan dekan Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak Prof. Dr. Ir. Hj. Denah Susmawati, M.P. (Rik)

TerPopuler