Perlu Penataan Ulang, DPRD Pontianak: Kota Besar di Indonesia Menjadikan PKL Sebagai Daya Tarik Wisata | Pontianak Satu

Perlu Penataan Ulang, DPRD Pontianak: Kota Besar di Indonesia Menjadikan PKL Sebagai Daya Tarik Wisata

Kamis, 17 Oktober 2019, 05.31
Foto: Anggota DPRD Kota Pontianak, Nurfadli. (Image/Tribun Pontianak)
PONTIANAKSATU.ID - Anggota DPRD Kota Pontianak Nurfadli meminta dinas terkait dalam penataan tempat Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Pontianak di lakukan dengan cara-cara persuasif.

Tidak melulu dengan tindakan yang represif oleh petugas. Menurutnya terkait pedagang kaki lima yang ada di Kota Pontianak, Pemkot perlu melakukan penataan kota yang beriring dengan penataan para pedagang kaki limanyanya.

Sehingga arus pembangunan kota tidak akan bertabrakan dengan usaha para pedagang kaki lima.

"Hal yang perlu disiapkan adalah bagaimana perencanaan tata kota harus benar-benar matang yang juga mengintegrasikan keberadaan PKL di dalamnya," katanya.

"Sesungguhnya kota yang baik bukanlah kota yang steril dari PKL, akan tetapi kota yang banyak PKL akan tetapi tertata dengan baik dan tetap menjaga keindahan kota," paparnya.

Ia menambahkan dalam menata PKL diperlukan adanya pendekatan yang persuasif dan dialog langsung agar berkesinambungan dan diperoleh informasi yang berguna dalam penyusunan kebijakan.

"Saya Pikir jika penataan PKL berhasil dilakukan dengan selalu mengedepankan ikon-ikon kota Pontianak, bukan tidak mungkin lokasi PKL tersebut akan menjadi destinasi wisata bagi masyarakat. Sebab banyak kota -kota besar di Indonesia menjadikan PKL sebagai daya tarik Wisata," ungkapnya. 

Sumber: Tribun Pontianak

TerPopuler