DPP Pemuda Tani HKTI KALBAR Resmi Dilantik | Pontianak Satu

DPP Pemuda Tani HKTI KALBAR Resmi Dilantik

Sabtu, 12 Oktober 2019, 15.00
Foto:  DPP PT HKTI KALBAR, resmi dilantik langsung oleh Ketua Umum Rina Sa'adah Adisurya, di Gedung Dinas Pertanian Kalimantan Barat (KALBAR), Sabtu, (12/10/2019)
PONTIANAKSATU.ID - Dewan Pimpinan Provinsi Pemuda Tani Himpunam Kerukunan Tani Indonesia (DPP PT HKTI) KALBAR, resmi dilantik langsung oleh Ketua Umum Rina Sa'adah Adisurya, di Gedung Dinas Pertanian Kalimantan Barat (KALBAR), Sabtu, (12/10/2019)

Hadir dalam kegiatan itu dari DPN PT HKTI, DPP HKTI KALBAR, Dinas Pertanian Kalbar, Bakesbangpol Kalbar, dan tamu undangan pada Pelantikan dan Talkshow Membangun Integritas Pemuda dan Petani serta Menjaga Pangan di Kalimantan Barat.

Saat Talkshow tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kalbar, Heronimus Hero menyampaikan ada beberapa ancaman serius seiring peningkatan jumlah penduduk terhadap ketahanan pangan di Kalimantan Barat.

"Dulu pernah ada keberpihakan daerah (red:kabupaten/kota) ada upaya-upaya melindungi lahan pertanian untuk pangan supaya tetap terjaga 25 hingga 30 tahun kedepan," paparnya.

Sedangkan Ketua Umum DPN PT HKTI, Rina Sa'adah Adisurya menyatakan bahwa yang dihadapi saat ini ketersediaan lahan, mengenai sumber daya manusia dan pengesahan.
Foto: Erry Iriansyah (kiri) Ketua Pembina DPP PT HKTI KALBAR bersama Rina Sa'adah Adisurya (kanan)Ketua Umum DPN PT HKTI, Sabtu (12/10/2019)
"Khususmya salah satu visi Pemuda Tani HKTI yaitu mencetak sumber daya manusia yang unggul petani muda," ujar Rina Sa'adah Adisurya.

Saat ini, lanjut Rina, krisisnya generasi petani muda, bagaimana pemuda mau terjun ke pertanian.

"Kita bisa lihat bahwasannya, tanah yang subur tanpa sumber daya manusia yang unggul, kualitas panen turun. Berarti kalau tanah yang subur dengan sumber daya manusia petaninya yang unggul, maka tidak diragukan lagi bahwa Indonesia bisa jadi lumbung pertanian," lanjut Rina.

Selain itu, Rina Sa'adah juga mengatakan bahwa bukan hanya krisis sumber daya manusia melainkan krisis agraria.

"Banyak sekali lahan pertanian dibangun dengan kawasan industri, sehingga masyarakat kita (petani) terbatas untuk lahan pertanian," ungkap Rina.

Senada yang disampaikan oleh Erry Iriansya, ST selaku Ketua Pembina DPP PT HKTI Kalbar mengungkapkan, organisasi pemuda sangat kurang respon dan dukungan dari pemerintah daerah.

"Selama saya memimpin KNPI Kalbar dari tahum 2017 sampai sekarang, alhamdulillah organisasi berjalan terus," ujar Erry Iriansyah yang saat ini proses Pasca di Untan jurusan hukum.

Erry Iriansyah juga memotivasi dan mengingatkan kepada pengurus DPP PT HKTI Kalbsr yang baru resmi dilantik.

"Jika ingin organisasi ini maju, jangan ada punya kepentingan individu atau golongan dibawa dalam organisasi. Ketua harus berkorban waktu tenaga dan pikiran maupun keuangan juga," ujar Erry yang saat ini duduk menjadi DPRD KALBAR. (*)

TerPopuler