9 Manfaat Luar Biasa Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan | Pontianak Satu

9 Manfaat Luar Biasa Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan

Sabtu, 26 Oktober 2019, 13.49
Foto: Tidak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Luar Biasa Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan
PONTIANAKSATU.ID - Di bawah ini merupakan hal yang jarang diketahui manfaatnya mandi sebelum subuh untuk kesehatan.

9 Manfaat Kesehatan Mandi Sebelum Subuh

1. Membantu meningkatkan Sel Darah Putih
2. Membantu Mencegah Hipertensi
3. Metode Pengobatan Tepat bagi yang Memiliki Kadar Gula Darah Tinggi
4. Menghilangkan Stres dan Depresi
5. Cara Mudah Menurunkan Berat Badan
6. Organ Tubuh Menjadi Lebih Optimal
7. Baik untuk Sistem Reproduksi
8. Menyehatkan Rambut
9. Terlihat Awet Muda


1. Membantu meningkatkan Sel Darah Putih

Saat sedang sakit, jumlah sel darah putih dalam tubuh berada di bawah kadar normal. Oleh karena itu, seringkali dokter berusaha untuk meningkatkan sel darah putih melalui obat-obatan yang diberikan agar segera normal ke rentang seharusnya.

Ternyata selain menggunakan obat, terdapat cara yang lebih mudah untuk dilakukan, yaitu kamu bisa mencoba mandi pagi sebelum subuh.

Karena menurut hasil penelitian di Inggris beberapa tahun silam, bahwa mandi sebelum subuh memiliki manfaat yang luar biasa terutama dalam meningkatkan jumlah sel darah putih. 

2. Membantu Mencegah Hipertensi

Bagi kamu yang merasa resah akan terserang penyakit hipertensi, kamu bisa mencoba menjalankan terapi mandi sebelum subuh.

Seorang ahli hypnotheraphy, Frederic Premji mengungkapkan bahwa air dingin yang dirasakan saat mandi subuh bisa mengurangi resiko hipertensi, karena mampu menekan dari gejala varises dan pengerasan pembuluh darah. Hal ini akan memudahkan organ-organ tubuh menerima suplai oksigen dan nutrisi sesuai kebutuhan.

3. Metode Pengobatan Tepat bagi yang Memiliki Kadar Gula Darah Tinggi

Bagi kamu yang menyukai makanan yang manis-manis, maka resiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh akan terbuka lebar. Dengan meningkatnya kadar gula darah, sangat mungkin kamu untuk mengidap penyakit obesitas hingga diabetes. Melihat resiko yang dialami, dianjurkan untuk mengurangi asupan-asupan manis.

Selain itu, menurut hasil penelitian juga menyebutkan bahwa mandi sebelum subuh bisa menurunkan kadar gula darah yang berlebih. Hal ini disebabkan terjadinya proses detoksifikasi yang diketahui bisa menyeimbangkan gula darah saat mandi sebelum subuh.

4. Menghilangkan Stres dan Depresi

Pada umumnya, stres memang bisa terjadi karena banyak pikiran. Dan menurut sebuah penelitian, mandi sebelum subuh dapat menstimulasi titik biru pada otak yang notabene sebagai sumber utama noradlenaline yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi.

Hal lainnya, mandi subuh ternyata bisa merangsang pelepasan hormon endorphin, yang berkerja melawan hormon stres serta menghasilkan serotonin yang dapat meredakan depresi.

5. Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

Dalam tubuh setiap orang terdapat dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah lemak hasil akumulasi dari kalori makanan yang berlebihan, sedangkan lemak coklat adalah lemak yang berguna untuk menghangatkan tubuh ketika kedinginan.

Air dingin yang dirasakan ketika mandi sebelum subuh ternyata mampu membuat lemak coklat memproduksi energi pembakaran dan kemudian mendorong lemak putih.

Dengan kata lain, lemak putih yang terbakar bisa menghilangkan kumpulan lemak yang selama ini bersemayam di dalam tubuh dan menurunkan berat badan.

6. Organ Tubuh Menjadi Lebih Optimal

Menurut pernyataan para ahli medis, mandi sebelum subuh layaknya seperti membangunkan mesin yang tidak menyala. Dan ini bisa menaikkan suhu tubuh hingga mencapai kestabilan.

Karena disaat mandi, jantung akan terpacu untuk bekerja, adrenalin meningkat dan aliran darah menjadi lancar. Hal ini juga bisa merangsang sistem peredaran darah dan saraf menjadi lebih efektif.

7. Baik untuk Sistem Reproduksi

Air dingin dikala subuh dipercaya mampu meningkatkan hormon reproduksi testosteron pada pria dan estrogen pada wanita. Sehingga ini merupakan suatu hal yang sangat positif untuk dicoba dalam meningkatkan kesehatan reproduksi manusia.

8. Menyehatkan Rambut

Mandi sebelum subuh ternyata juga bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan air dingin yang digunakan saat mandi bisa memperkuat akar rambut dan membuat rambut terlihat tidak kusam.

Hal ini pun dikarenakan air dingin mampu menutup kutikula rambut sehingga rambut terhindar dari masalah kerontokan dan terlindungi dari kotoran-kotoran aktivitas sehari-hari yang bisa menempel pada kulit kepala.

9. Terlihat Awet Muda

Jika kamu rutin mandi sebelum subuh, selain membuat tubuh menjadi segar, kulit pun akan terlihat cerah, halus dan sehat. Bahkan dapat menghilangkan lingkaran hitam yang berada dibawah mata. Hal ini karena air dingin yang digunakan untuk mandi menawarkan sifat segar dan sejuk, yang diketahui mampu meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit.

Sumber: msn.com

TerPopuler