LPBI NU KALBAR Bagikan Masker dan Sosialisasi Bahaya Hilangnya Hutan dengan Membakar | Pontianak Satu

LPBI NU KALBAR Bagikan Masker dan Sosialisasi Bahaya Hilangnya Hutan dengan Membakar

Minggu, 22 September 2019, 02.22
Foto: LPBI NU bagikan masker gratis dan memberikan sosialisasi dampak bahaya hilangnya hutan apalagi dengan cara membakar kepada santri di Pondok Pesantren yang dekat dengan eks lahan terbakar di Kota Pontianak, Sabtu (21/09/2019)
PONTIANAKSATU.ID - Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kalbar melakukan aksi simpatik dengan membagikan masker gratis dan sosialisasi dampak bahaya hilangnya hutan apalagi dengan cara membakar.

Masker dibagikan di area pemukiman warga yang dekat dengan eks lahan terbakar di tiga kecamatan kota Pontianak diantaranya Pontianak Utara, Pontianak Selatan dan Pontianak Tenggara yang dimulai sejak Jum'at (20/09/2019) hingga Sabtu (21/09/2019).

Ketua LPBI NU Kalbar, Syamhudi mengatakan, sangat prihatin dengan meluasnya kebakaran lahan di Kalimantan Barat (Kalbar), sehingga merugikan banyak sektor baik secara ekologis dan lainnya.

"LPBI NU Kalbar juga mendorong pemangku kebijakan untuk megambil langkah kongkrit menghentikan musim tahunan ini," paparnya.

Secara ekologis, lanjut Syamhudi, dampak kebakaran lahan akan menghilangkan daya tampung dan kendali air disaat musim penghujan maupun musim kemarau (red: banjir dan kekeringan).

Selain kerugian ekologis juga menghambat aktivitas lainnya baik sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sebagainya.

"Hal ini harus mejadi prihatian pemangku kebijakan agar tidak lagi terjadi kebakaran lahan," ungkapnya. (*)

TerPopuler