Menilik Fungsi BKD Jawa Barat Serta Tanggung Jawabnya

Kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah BKD Provinsi Jawa Barat. Apalagi jika sudah pernah mengikuti perekrutan CPNS di daerah masing-masing. BKD atau Badan Kepegawaian Daerah merupakan sebuah lembaga pemerintahan yang sangat penting dengan berbagai tugas pokok serta fungsinya.

BKD terutama sangat dikenal orang apabila ada perekrutan CPNS. Karena memang tugas utama BKD ini membantu gubernur atau bupati dalam memanajemen pegawai negeri sipil. Jadi, bukan hanya saat pencarian atau perekrutan CPNS saja, melainkan juga mengatur serta mengawasi pegawai-pegawai pemerintah.

Jika kamu tertarik menjadi salah satu pegawai pemerintah, maka wajib untuk mengenal mengenai BKD dan apa saja yang ada di dalamnya. Dengan begitu, akan lebih memahami apa saja tanggung jawab dari sebuah badan atau lembaga pemerintah ini.

Setiap kota maupun kabupaten akan memiliki kantor BKD yang akan menangani seluruh urusan administrasi pegawai pemerintah di kota tersebut. Ruang lingkup pekerjaan serta tugas lembaga satu ini sangat luas dengan tanggung jawab besar. Semua tugas dan tanggung jawab ini diatur dalam Undang-undang.

Di dalam lembaga BKD terdapat berbagai sub bidang yang akan bekerja sesuai tanggung jawabnya. Baik itu menyediakan fasilitas, monitoring, maupun penyusunan laporan. Untuk informasi lebih rinci, berikut penjelasan mengenai BKD serta fungsi dan tugas pokoknya.

Mengenal Lembaga Kepegawaian Daerah BKD

BKD merupakan sebuah badan atau lembaga pemerintah yang mengatur pelaksanaan tugas dan diklat pegawai negeri di suatu daerah. Misalnya, BKD Jawa Barat akan bertanggung jawab untuk mengurus, mengatur, memonitor, serta menyediakan fasilitas bagi pegawai negeri di daerah Jawa Barat.

BKD sebuah kabupaten atau kota hanya akan bertanggung jawab mengurus pegawai negeri di kota bersangkutan dan tidak bertanggung jawab untuk kota lainnya. Sehingga wewenangnya dibatasi secara regional saja. Namun, ada juga yang memiliki wewenang nasional, yaitu badan kepegawaian nasional.

Lembaga ini akan melaksanakan fungsi sebagai bagian administratif pengurusan pegawai negeri, baik pemberikan pekerjaan atau tugas, pelaksanaan diklat pelatihan, maupun masa dinas. Ketika seorang pegawai pemerintahan ingin mengurus berbagai berkas, misalnya mutasi atau pembaharuan gelas/pendidikan, maka akan berurusan dengan lembaga ini.

Kepala BKD Provinsi Jawa Barat bertanggung jawab langsung kepada pimpinan daerah untuk melaksanakan fungsi sesuai dengan aturan Undang-undang. Dalam rangka mewujudkan visi serta misinya, lembaga pemerintahan ini akan menyusun program kerja tahunan untuk meningkatkan kinerja organisasi menjadi lebih baik lagi.

Fungsi BKD akan dituangkan dalam program kerja yang diperbaharui setiap tahunnya sehingga dapat menciptakan kinerja efektif dan efisien. Selain itu, dalam BKD dilakukan kaderisasi untuk menyiapkan sumber daya manusia andal di masa depan dan mampu memperlihatkan kinerja terbaik.

Mengenal Visi Misi BKD Jawa Barat

Visi utama adalah “Terwujudnya Aparatur yang BAIK dan sejahtera”. Dalam penjabarannya BAIK; Bermutu, Akuntabel, Inovatif, dan Kreatif. Visi ini diharapkan dapat membentuk sebuah organisasi profesional dan andal sehingga dapat membantu kinerja kepala daerah. Penjabaran makna dari visi tersebut adalah:

  1. Bermutu, yaitu memiliki kualitas dalam bekerja sesuai dengan ketentuan dan harapan seluruh masyarakat Indonesia.
  2. Akuntabel, yaitu memiliki sikap bertanggung jawab dalam setiap kegiatan atau program kerja yang dilaksanakan.
  3. Inovatif, yaitu mampu menampilkan atau memperkenalkan hal baru sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja.
  4. Kreatif, yaitu mampu memunculkan kreativitas dalam menciptakan sesuatu atau meningkatkan manfaat dari hal yang sudah ada.
  5. Sejahtera, yaitu mewujudkan rasa nyaman dan aman kepada pegawai negeri sipil baik dari segi materi, finansial, maupun rohani.

BKD Provinsi Jawa Barat tidak hanya memiliki visi, tapi juga menjalankan misi yang diemban dari waktu ke waktu. Misi ini akan berubah seiring dengan kebutuhan pemerintahan dan harus dilaksanakan oleh setiap aparat di dalam lembaga ini. Berikut misi-misi yang dijalankan:

  1. Mewujudkan sistem kepegawaian modern sesuai perkembangan teknologi.
  2. Membantu dalam peningkatan penghidupan dan kesejahteraan pegawai berdasarkan performa kerja tiap individu.
  3. Meningkatkan profesionalisme kerja seorang pegawai dengan bimbingan serta pelatihan.

Mengenal Tugas BKD Jawa Barat

Sebagai lembaga yang bertanggung jawab langsung ke pemimpin daerah, tugas pokok BKD adalah melaksanakan manajemen pegawai negeri sipil daerah. Oleh sebab itu, segala hal yang berkaitan dengan administrasi pegawai harus dilakukan di lembaga ini. Tugas dan fungsi lain dari lembaga kepegawaian ini adalah:

  1. Melakukan penyusunan rencana peraturan daerah bidang kepegawaian daerah dengan memerhatikan peraturan perundang-undangan sehingga mampu membuat peraturan sesuai standar nasional.
  2. Membuat perencanaan dan penetapan sistem kepegawaian daerah.
  3. Melakukan pelaksanaan administrasi dalam hal pengangkatan, pemecatan, maupun mutasi PNS.
  4. Membuat rancangan serta memutuskan kebijakan teknis untuk pengembangan PNS daerah.
  5. Menyediakan pelayanan administrasi bagi aparatur sipil negara, seperti pengangkatan, pemberhentian, pemindahan, dan perubahan jabatan struktural atau fungsional yang dijalankan sesuai aturan dalam undang-undang kepegawaian.
  6. Menyiapkan dan menetapkan kebijakan pensiun aparatur sipil negara sesuai dengan peraturan undang-undang, norma, dan standar prosedur berlaku.
  7. Melakukan penetapan gaji dan tunjangan guna kesejahteraan aparatur sipil negara dengan acuan peraturan perundang-undangan kepegawaian.
  8. Melakukan penyelenggaraan administrasi aparatur sipil negara dan mengelola sistem informasi kepegawaian daerah.

Berdasarkan fungsi dan tugasnya, BKD Provinsi Jawa Barat memegang penuh mengenai kebijakan serta pengaturan segala hal berkaitan pegawai negeri sipil yang berada atau bertugas di wilayah Jawa Barat. Selain itu, juga bertanggung jawab mengenai pengangkatan, kenaikan pangkat, juga pengurusan pensiun pegawai.

BKD Tingkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara

Penyusunan program kerja diatur secara saksama agar dapat membantu meningkatkan kinerja aparatur negara. Program kerja disesuaikan dengan apa yang menjadi tujuan kerja dari lembaga kepegawaian daerah sehingga dapat menunjang tercapainya visi dan misi lembaga. Dalam hal ini disesuaikan dengan aturan undang-undang tingkat pusat.

BKD Jawa Barat berfokus pada peningkatan profesionalisme kerja sehingga membentuk aparatur negara andal serta penuh tanggung jawab. Dengan demikian dapat menyiapkan aparatur andal di masa depan yang mampu memenuhi tugas dan tanggung jawab. Berikut ini beberapa program kerja yang dilakukan:

  1. Pelaksanaan rekrutmen CPNS. Program ini dilaksanakan setiap tahun atau setidaknya 2 tahun sekali untuk mengisi kekosongan posisi karena ada pegawai pensiun, meninggal dunia, atau dibutuhkannya tenaga tambahan.
  2. Proses pemberian penghargaan berupa kenaikan dari honorer ke CPNS bagi para honorer dengan kinerja terbaik sebagai balasan atas pengabdian honorer tersebut.
  3. Perekrutan Penerimaan Praja IPDN melalui tes yang diikuti oleh putra putri daerah dan dari berbagai wilayah Indonesia lainnya.
  4. Pelayanan administrasi seperti pembuatan kartu pegawar, pengurusan kartu TASPEN, atau pendaftaran tanggungan bagi PNS yang sudah menikah.
  5. Mengatur dan melaksanakan ujian bagi PNS yang memenuhi syarat kenaikan pangkat.
  6. Penyelenggaraan pelatihan guna meningkatkan kompetensi PNS.
  7. Penyelenggaraan diklat teknis serta bimbingan kepada aparatur negara, baik mengadakan diklat di daerah atau mengatur pegawai yang mengikuti diklat di BKD pusat.

Sebagai lembaga yang membantu kinerja kepala daerah dalam mengatur pegawai negeri sipil, BKD memiliki tanggung jawab besar. Bukan hanya mengejakan tugas pokok berdasarkan fungsinya, BKD Provinsi Jawa Barat juga harus melaksanakan visi dan misi sebagai lembaga kepegawaian.