Cek Nomor KK Jawa Barat dengan Bantuan Internet

Ketika mengurus berkas administrasi dan ada data diri yang kurang, kamu perlu cek Kartu Keluarga Online Jawa Barat melalui internet. Apalagi jika berada jauh dari rumah dan hanya memegang KTP saja, sangat sulit jika harus mengontak orang rumah terlebih dahulu.

Saat ini keberadaan kartu keluarga (KK) memang sangat penting, sebab di berbagai lembaga data nomor KK sangat diperlukan. Bahkan untuk proses registrasi kartu telepon juga membutuhkannya. Jadi, untuk kamu yang belum memiliki kartu ini sebaiknya mengurus registrasinya saat ini juga. Sebab nanti akan memerlukannya untuk berbagai kebutuhan.

Adanya kartu keluarga bukan hanya bermanfaat untuk urusan dengan kantor pemerintahan, tapi juga lembaga keuangan, sekolah, dan lainnya. Tanpa KK seringkali proses administrasi akan terhambat. Sebab nomor yang tertera di dalamnya merupakan identitas bagi keluarga juga anggota di dalamnya.

Pembuatan kartu keluarga tidak hanya dapat dilakukan di kantor Dukcapil saja, tapi juga tersedia layanan online. Sebab di masa pandemi hampir semua layanan administrasi pemerintahan dilakukan secara daring agar tidak membuat kerumunan. Kamu juga bisa mempergunakannya untuk layanan perubahan data maupun pelaporan KK hilang.

Namun, kamu bisa mengandalkan layanan online yang dibuka masing-masing kantor Pencatatan Sipil di tiap daerah. Nah, sebelum mengupas lebih lanjut mengenai layanan online ini, kamu perlu tahu apa pentingnya KK dan berbagai informasi lainnya. Mari simak uraian berikut.

Hak Warga Negara Memiliki Kartu Keluarga

Semua warga negara memiliki hak dan wajib mempunyai kartu keluarga. Namun, tidak seperti kartu tanda penduduk dimiliki satu setiap orang, KK dapat dimiliki oleh beberapa orang sekaligus. Karena di dalamnya memuat info mengenai tiap anggota keluarga. Misalnya, ayah, ibu, anak, atau ditambah nenek dan kakek.

Kartu keluarga bukan hanya miliki kepala keluarga, walaupun di dalamnya memang terdapat keterangan susunan keluarga dan kepala keluarga berada di nomor urut pertama. Setiap anggota yang tercatat di dalamnya dapat menggunakan KK untuk melengkapi kebutuhan administrasi.

Cek nomor KK Jawa Barat saat ini dapat dilakukan setiap saat dengan cara mudah. Sebab di zaman canggih saat ini, kamu dapat memanfaatkan internet sebagai sumber berbagai informasi. Hanya perlu mencari tahu lewat mesin pencari dan informasi yang diinginkan akan tersedia.

Untuk membuat kartu keluarga kamu harus menyiapkan beberapa persyaratan, yaitu surat pengantar dari RT yang dibubuhi tanda tangan RW, fotocopyi buku nikah atau akta nikah, dan surat keterangan penunjang lainnya. Proses pembuatannya bisa dengan mendatangi kantor Dukcapil atau lakukan secara daring.

Bukan hanya layanan pembuatan dan pembaharuan data saja dapat menggunakan layanan daring. Cek nomor KK Jawa Barat juga menjadi fitur dari layanan daring di situs layanan catatan sipil. Mengingat tidak semua orang bisa menghafal nomor tersebut terutama jika hanya digunakan sewaktu-waktu.

Pentingnya Kartu Keluarga dalam Berkas Administrasi

Cek KK Online Jawa Barat cuma dapat dilakukan oleh orang yang telah memilikinya. Mempunyai KK merupakan hal wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia karena surat keterangan ini akan dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan administrasi, di antaranya:

  1. Diperlukan untuk proses pembuatan KTP

Data untuk pembuatan kartu tanda penduduk akan diambil dari KK, sebab di dalamnya sudah tercantum NIK dan informasi penting lainnya. Sedangkan informasi tambahan akan didapatkan saat proses pembuatan KTP.

 

  1. Diperlukan untuk membuka rekening tabungan

Ketika kamu ingin membuka rekening tabungan, maka harus menyertakan KK juga. Persyaratan ini berlaku di semua bank nasional. Jika tidak menyertakannya, maka pendaftaran yang diajukan akan ditolak sebab tidak mencukupi syarat.

 

  1. Diperlukan untuk membuat akta kelahiran

Surat kelahiran atau akta lahir menjadi hal penting sebagai identitas anak sebelum usia anak bisa mendapatkan KTP. Dalam proses pembuatan akta, KK sangat diperlukan sebagai informasi orang tua yang akan menjadi dasar pembuatan akta nantinya. Tanpa kartu keluarga proses pembuatan akta lahir akan terhambat.

 

  1. Diperlukan untuk permohonan kredit

Permohonan kredit kendaraan, rumah, bahkan barang elektronik juga membutuhkan adanya kartu keluarga agar data yang diberikan benar-benar valid sehingga pengajuan kredit dapat disetujui.

 

  1. Diperlukan untuk pembuatan paspor

Mau pergi ke luar negeri butuh paspor dan proses pembuatan paspor perlu menyertakan akta lahir, kartu keluarga, dan KTP atau ijazah. Untuk pembuatan online dan lupa nomor KK, kamu bisa cek nomor KK Jawa Barat di laman lembaga capil.

Belum Punya KK, Bisa Buat Online

Kalau kamu masih belum punya KK tidak perlu khawatir sebab bisa membuatnya secara online, terutama untuk pasangan yang baru saja menikah harus segera mengurusnya agar tidak kesulitan di kemudian hari. Sebab saat ini mengurus berbagai hal memerlukan surat susunan keluarga ini. Berikut prosedur lengkapnya:

  1. Minta surat pengantar ke RT terlebih dahulu, pastikan surat tersebut sudah ditandatangani RW juga.
  2. Meminta formulir pendaftaran di kelurahan dengan menyertakan surat pengantar RT dan mengisi formulir tersebut dengan lengkap.
  3. Ambil foto formulir setelah diisi dan minta nomor resmi Dukcapil ke pihak kelurahan untuk pengajuan registrasi online.
  4. Kemudian tunggu proses pembuatan dan lakukan cek KK Online Jawa Barat setelah dinyatakan selesai.

Cara lainnya adalah dengan melakukan pendaftaran di laman website resmi kantor Catatan Sipil Jawa Barat. Lakukan pendaftaran saat pendaftaran dibuka. Masing-masing Dukcapil memiliki jam registrasi tertentu dan batasan kuota. Setelah menyelesaikan pengisian formulir, lampirkan foto akta nikah ditambah surat pengantar RT.

Cara Gampang Cek KK Online Jawa Barat

Terkadang di saat genting dan dalam waktu singkat, kamu membutuhkan informasi mengenai nomor kartu keluarga. Misalnya saat melakukan registrasi online. Ketika menghadapi situasi seperti ini jangan panik dulu. Sebab ada beberapa cara yang dapat membantu kamu mengatasinya dengan segera. Apalagi jika kamu punya handphone dengan koneksi internet, semua akan mudah.

Internet sebagai produk teknologi dapat memberi kamu kemudahan salah satunya menyediakan cara mudah cek Kartu Keluarga Online Jawa Barat. Tidak perlu pulang ke rumah atau repot menghubungi orang rumah, lakukan cara ini saja:

  1. Layanan chatting. Nomor +62811-800-537-3 dapat dihubungi melalui pesan chat WA. Gunakan format nama-nik (dapat dilihat di KTP)-no.telepon-permasalahan.
  2. Gunakan layanan bantuan 24 jam melalui surat elektronik ke alamat: callcenter.dukcapil@gmail.com dengan isi mail nama, nik sesuai kartu penduduk, dan data diri di KTP lainnya. Isi subjek email dengan permohonan informasi nomor kartu keluarga.
  3. Melalui website kemendagri pilih menu pencarian nomor kartu keluarga, lalu masukan nomor induk kependudukan, dan tunggu sesaat sebelum informasi yang dibutuhkan muncul. Alamat situsnya dukcapil.kemendagri.go.id.
  4. Buat akun di website layanan online catatan sipil kemudian akses layanan pencarian data penduduk dan kamu akan menemukan data yang dibutuhkan. Alamat situsnya: layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id.
  5. Gunakan akun media sosial kamu dan kunjungi laman fb Ditjen Dukcapil atau @ccdukcapil (twitter), lalu kirimkan DM ke admin sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

Sesuai fungsinya sebagai identitas warga negara, maka setiap WNI maupun WNA harus memiliki kartu keluarga. Tidak hanya sebagai identitas melainkan juga digunakan melengkapi berbagai berkas administrasi. Mudahnya saat ini, pembuatan maupun cek KK Online Jawa Barat dapat dilakukan dengan bantuan internet.