Siapkan 259 Batang Meriam dalam Gelaran Festival Meriam Karbit | Pontianak Satu

Siapkan 259 Batang Meriam dalam Gelaran Festival Meriam Karbit

Minggu, 02 Juni 2019, 17.09
Foto: Meriam karbit memiliki ukuran panjang rerata antara 5-7 meter dan diameter 60-70 centimeter. Untuk membunyikannya, dibutuhkan karbit yang dimasukkan ke dalam meriam hingga mencapai titik didih tertentu kemudian siap disulut.
PONTIANAKSATU.ID - Pemerintah Kota Pontianak kembali menggelar festival budaya Meriam Karbit yang didukung oleh Forum Meriam Karbit.

Tahun 2019 ini, sebanyak 259 meriam telah terdaftar dari sejumlah kelompok masyarakat yang berpartisipasi.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono atau yang disingkat panggilan ERKA itu, berharap festival meriam kali ini lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Ia menjelaskan bahwa Forum Meriam Karbit Pontianak adalah kelompok yang menginisiasi, tentunya berkoordinasi dengan panitia dari pemerintahan setempat juga.

Posko utama Festival Meriam Karbit 2019 di Gang H Mailamah, Jalan Adi Sucipto dan Kelompok Meriam Putra Kapuas sebagai tuan rumah.

Festival meriam karbit yang akan dimeriah 259 batang meriam yang terbuat dari balok kayu ini dimulai 19.30 WIB pada tanggal 04 April 2019 tepat malam lebaran mendatang.

Edi Rusdi Kamtono meminta panitia Festival Meriam Karbit mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan penyelenggaraan event ini.

"Festival Meriam Karbit ini merupakan agenda tahunan yang ada di Kota Pontianak saat malam takbiran. Mari kita semua sukseskan dan bagi yang menonton harus berhati-hati," kata ERKA orang nomor satu di Kota Pontianak, Minggu (02/06/19).

Sebagai permainan tradisional, sambung ERKA, permainan meriam karbit tidak bisa terpisahkan dengan kehidupan masyarakat Pontianak, terutama yang bermukim di pinggiran Sungai Kapuas.

"Meriam Karbit ini merupakan bagian dari historis berdirinya Kota Pontianak dan saat ini juga sudah mendapat pengakuan sebagai budaya tak benda," tambahnya.

TerPopuler