Rancangan Pembangunan Lima Tahun Kedepan Berorientasi Peningkatan IPM | Pontianak Satu

Rancangan Pembangunan Lima Tahun Kedepan Berorientasi Peningkatan IPM

Selasa, 11 Juni 2019, 20.09
Foto: Amirullah, Plt. BAPPEDA Kota Pontianak
PONTIANAKSATU.ID - Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Pontianak, Amirullah menyampaikan bahwa fokus pembangunan lima tahun kedepan yang disusun dalam Rencana Pembangunam Jangka Menengah (RPJMD) tentunya mengakomodir visi dan misi Walikota serta Wakil Walikota.

RPJMD ditegaskannya sebagai acuan dan pedoman yang akan diikuti dalam perencanaan setiap tahunnya, sehingga terlihat program-program prioritas yang harus dikejar.

"Yang jelas fokus dalam lima tahun kedepan tetap pada infrastuktur, pendidikan dan kesehatan. Sesuai dejgan visi misi yang telah dibuat oleh wali kota dan wakil wali kota kita," ucap Amirulah saat diwawancarai oleh Tribun Pontianak, Selasa (11/06/19).

Lanjut dijelaskannya dalam pembangunan ini sebetulnya, ukuran keberhasilan melekat pada Indek Pembangunan Manusia (IPM).

Didalam IPM ada komponen kesehatan, ada komponen pendidikan dan ada pula pendapatan dan pengeluaran perkapita sehingga mencerminkan kemajuan sebuah daerah.

Pembangunan lima tahun kedepan ditegaskannya berfokus pada peningkatan SDM, karena keberhasilan dari pembangunan akan meningkatkan kualitas manusia yang ada.

"Jadi lima tahun kedepan kita tetap berfokus meningkatkan SDM karena keberhasilan dari pembangunan kesehatan, pendidikan dan pembangunan infrastruktur serta lainnya tercermin dari IPM yang ada," tambahnnya.

Bidang kesehatan, Amirulah menjelaskan akan melakukan peningkatan kualitas layanan maupun pengadaan sarana dan prasarana sehingga masyarakat dapat mengakses dengan mudah dan mendapatkan pelayanan yang baik.

TerPopuler