Prof KH Said Aqil Siradj: Kita Wajib Menjaga Kesehatan Lingkungan | Pontianak Satu

Prof KH Said Aqil Siradj: Kita Wajib Menjaga Kesehatan Lingkungan

Senin, 10 Juni 2019, 10.27
PONTIANAKSATU.ID - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj menyatakan dalam video yang diunggah oleh akun instagram @NUOnline_id, Minggu (09/06/19).

Dalam video tersebut KH Said menyatakan betapa pentingnya kita sebagai manusia di bumi harus menjaga dan memanfaatkan alam

"Kita sebagai mandataris Allah di muka bumi, maka kita mempunyai amanat shihhah bi iyyah , menjaga kesehatan lingkungan," katanya.

KH Said menambahkan, karena lingkungan ini atau alam semesta ini diciptakan oleh Allah SWT untuk dimanfaatkan seluruh penduduk yang ada di muka bumi ini.

"Ketika salah satu pihak merusak tatanan ekosistem alam semesta, berarti merugikan seluruh yang ada di muka bumi ini," jelas KH Said.

KH Said Aqil Siradj mengungkapkan, bahwa penyebab kerusakan alam seperti daratan dan lautan tidak jauh disebabkan kelakuan sebagian manusia.

"Dzaharal fasaadul fil barri wal bahri bima kasabat aydinnaas. artinya, Kehancuran yang menimba daratan, lautan; lingkungan, itu sebab ulah sebagian manusia yang negatif; yang merusak," lanjut KH Said.

Walau ittaba'al haqqu ahwa-ahum lafasadatis-samawatu wal ard, (aritnya) Seandainya kebenaran dikalahkan oleh kepentingan, makan hancurlah kehidupan di muka bumi dan langit juga.

"Oleh karena itu kita ingat, kita sadar, kuta semua berkewajiban menjaga, merawat, di samping memanfaatkan, tapi dengan ukuran-ukuran yang benar, kita harus menjaga kesehatan lingkungan, keselamatan lungkungan, kita manfaatkan lingkungan ini, tapi demi kemaslahatan bersama. Bukan hanya kepentingan sekelompok orang, semua adalah amanat dari Allah," tambahnya.

TerPopuler