Ingin Coba Nyulut Meriam Karbit Raksasa di Festival Besok | Pontianak Satu

Ingin Coba Nyulut Meriam Karbit Raksasa di Festival Besok

Senin, 03 Juni 2019, 18.02
Foto: Saat nyulut meriam dengan setangkai obor
PONTIANAKSATU.ID - Festival Meriam Karbit Pontianak akan di gelar Selasa 4 Juni 2019 malam, tepat di malam takbiran atau malam Idul Fitri 1440 Hijriah. Berbagai persiapan pun sudah hampir dirampungkan oleh para peserta festival meriam karbit untuk menggemakan suara dentuman Meriam keseluruh wilayah Kota Pontianak.

Festival Meriam Karbit sendiri merupakan sebuah Festival yang selalu di nanti bagi warga kota Pontianak dan Kalbar saat bulan Rhamadan atau menyambut Hari Raya Idul Fitri. Betapa tidak, sensasi dentuman meriam karbit raksasa yang berjajar disepanjang alur sungai Kapuas Pontianak tidak dapat di rasakan di wilayah lain selain Kota Pontianak.

Meriam yang berbahan balok kayu raksasa, dengan diameter meriam rata-rata antara 50 cm sampai 1 meter, dan dengan panjang yang bahkan ada yang mencapai lebih dari 5 meter ini membuat suara meriam karbit ini dapat terdengar ke seluruh penjuru Kota Pontianak bahkan sampai ke wilayah Kabupaten tetangga. Tiap tahunnya saat festival ini dimulai pada malam Idul Fitri, ribuan masyarakat Kota Pontianak selalu memadati seluruh titik dimana peserta meriam karbit berada.

Ribuan masyarakat ini ingin menyaksikan dan merasakan secara langsung bagaimana sensasi menyulut meriam karbit raksasa yang ada di tepian sungai Kapuas ini.

Dengan menggunakan obor, warga yang ingin merasakan menyulut meriam atau dalam bahasa Pontianak sering disebut Nyucul Meriam, dapat langsung menghubungi panitia dan langsung bisa dimasukkan dalam daftar antri untuk Nyucul Meriam. Sensasi saat Nyucul Meriam sendiri sangat luar biasa, jantung terasa berdegup kencang sebelum menempelkan obor ke lubang kecil di bagian atas belakang meriam.

Dan Saat telah menyentuhkan api kelubang, reaksi karbit yang berada didalam meriam pun langsung menyulut api dan membuat suara dentuman yang luar biasa keras yang diikuti kilatan api, dan disaat bersamaan si penyulut akan merasakan sebuah sensasi terdorong ke arah berlawanan dari moncong meriam akibat dentuman meriam karbit raksasa itu.

Jadi, bagi kalian yang ingin merasakan sensasi tersebut, kalian tinggal memilih saja lokasi di sepanjang alur Sungai Kapuas yang terdapat titik dimana ada meriam karbit berjajar pada esok hari yakni Selasa, 4 Juni 2019.

Kalian sendiri bila sedang berkendara melintasi Jembatan Kapuas 1 Pontianak, kalian dapat melihat langsung di sisi kanan dan kiri banyak meriam karbit yang sudah berjajar di sepanjang sungai Kapuas, jadi tinggal kalian pilih saja mana lokasi yang menurut kalian nyaman.

Kalian tinggal hubungi panitia untuk mengukur meriam (Nyucul Meriam) dan rasakan sensasinya yang luar biasa.

TerPopuler