Hadapi Era Digital, ERKA Paparkan Tenaga Pendidik Kuasai IT | Pontianak Satu

Hadapi Era Digital, ERKA Paparkan Tenaga Pendidik Kuasai IT

Minggu, 16 Juni 2019, 20.47
Foto: ERKA, Walikota Pontianak saat menghadiri Halal Bi Balal dengan para guru sekota pontianak di Masjid Raya Mujahidin
PONTIANAKSATU.ID - Era digitalisasi saat ini sudah sangat pesat, maka sudah sewajarnya kita menguasai Information Technology (IT), dengan berkembangnya teknologi maka semakin banyak tantangan generasi muda kedepan.

Sudah seharusnya menanamkan pola pikir dengan cerdas terhadap generasi muda, hal ini harus dimulai dari bangku sekolah melalui tenaga pendidik .

Tenaga pendidik sudah seharusnya menjadi mentor terhadap peserta didik, maka sudah sepatutnya tenaga pendidik (Guru) menguasai IT.

Menanggapi perkembangan teknologi tersebut Edi Rusdi Kamtono (ERKA) Walikota Pontianak memaparkan kepada tenaga pendidik agar menguasai teknologi.

"Sudah sepatutnya tenaga pendidik menguasai IT maupun kondisi di luar lingkungan sekolah. Saat ini, mindset anak-anak serba praktis dengan pemanfaatan perangkat IT, di mana arus informasi begitu derasnya dan tak terbendung", paparnya saat menghadiri Halal Bi Balal dengan para guru sekota pontianak di Masjid Raya Mujahidin, Sabtu (15/06/2019).

ERKA juga menyampaikan bahwa sudah sepatutnya menciptakan guru milenial yang paham tentang teknologi.

“Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita juga menciptakan guru-guru milenial yang paham tentang IT,” lanjutnya.

Menurut ERKA, dengan adanya teknologi terlebih media sosial semuanya bisa menerima ataupun mengakses informasi dengan mudah dan cepat.

"Melalui IT terutama media sosial, semua dengan mudahnya menerima informasi-informasi secara cepat hanya dalam hitungan detik, bahkan per sekian detik informasi itu sudah diterima melalui perangkat IT," ujarnya.

Derasnya perkembangan IT, lanjut ERKA, menjadikan anak-anak tidak terlepas dari gadget dan arus informasi, baik yang bersifat positif maupun negatif.

Menurutnya guru adalah sebagai orang terpercaya dalam mendidik anak muda di era digital ini, maka sasaran yang tepat adalah ketika di sekolah untuk mencerdaskan generasi muda.

“Bagaimana peran guru sebagai orang yang dipercayai untuk mendidik anak-anak, di mana sebagian besar waktunya berada di sekolah, guru-guru harus cerdas menyikapi hal ini,” ungkapnya. (Rokib)

TerPopuler