Diguyur Hujan, BPBD Kota Pontianak: Kita Siaga Banjir | Pontianak Satu

Diguyur Hujan, BPBD Kota Pontianak: Kita Siaga Banjir

Sabtu, 08 Juni 2019, 19.40
Foto: Banjir di Jalan Purnama I Pontianak. Tingginya intensitas hujan yang mengguyur kota Pontianak beberapa hari terakhir membuat sejumlah ruas jalan terendam banjir.
PONTIANAKSATU.ID - Hujan dengan intensitas tinggi melanda kota Pontianak dalam beberapa terakhir, dan bahkan selama dua hari belakangan ini kota Pontianak diguyur hujan deras dengan waktu yang lama.

Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) kota Pontianak Saptiko menyatakan bahwa pihaknya saat ini telah menetapkan status siaga banjir untuk di Kota Pontianak.

"Kita sudah dua hari, apalagi semalam hujan terjadi agak panjang dari sore sampai tengah malam, dan kita dari BPBD sudah siaga untuk banjir," ujarnya.

Saptiko juga menambahkan, pihaknya juga telah melakukan pemantauan di beberapa wilayah di kota Pontianak.

"Kita sudah pantau di beberapa titik, ada tiga titik yang utama di Pontianak Utara yaitu, Pancabakti, Gang Griya 4, kemudian Gang Abadi di Kebangkitan Nasional, Parit Bentasan dan Parit Malaya. Semuanya kita pantau, semalam kita turun kesana, memang ada kenaikan air setinggi 20 sampai 30 centi meter, dan memang ada rumah yang tergenang air, namun masih belum diperlukan masyarakat untuk mengungsi," jelasnya.

Ia menuturkan bahwa informasi tersebut dihimpun dari pantauan dan laporan langsung dari masyarakat di Kota Pontianak yang terdampak banjir.

"Dari pantauan dan laporan masyarakat semalam di wilayah Utara banyak kejadian banjir, sedangkan di wilayah, Selatan, tenggara dan Pontianak lain kita pantau, dan masih dalam batas normal tidak ada peluru evaluasi khusus," tambahnya. Untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang mengungsi akibat banjir, dirinya pun telah menetapkan status siaga dan berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan terkait untuk menyiapkan lokasi pengungsian.

"Kita sudah siapkan, kita sudah siagakan semuanya, jadi tempat pengungsian sudah kita siapkan di seluruh kantor camat, sama beberapa kelurahan, kita standby kan, dan sampai semalam itu masih belum perlu dievakuasi, hari ini kita pantau terus, dan air sudah mulai surut, yang penting kita (Red: BPBD Kota Pontianak) sudah siaga, bila mana ada banjir dan perlu di evakuasi, kita dari BPBD dan instansi terkait kita sudah siap untuk melakukan pertolongan pada korban pengungsian," ungkapnya.

TerPopuler