Istri Wali Kota Pontianak Cerita Kebiasaan Keluarga Saat Lebaran | Pontianak Satu

Istri Wali Kota Pontianak Cerita Kebiasaan Keluarga Saat Lebaran

Rabu, 29 Mei 2019, 21.51
Foto: Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono bersama istrinya Ibu Yanieta Arbiastuti Edi Kamtono
PONTIANAKSATU.ID - Sejumlah persiapan menjelang Idul Fitri, dilakukan oleh para ibu hampir seluruh Indonesia. Begitupula istri Wali Kota Pontianak, Yanieta Arbiastuti Edi Kamtono.

Yanie5a Arbiastuti mengungkapjan tak ada yang berlebihan dalam persiapan Idul Fitri tahun ini, meski tahun ini Ia dan suaminya, telah menempati rumah dinas Wali Kota di Jalan Abdurrahman Saleh, Pontianak Tenggara.

"Persiapan Idul Fitri memang tidak ada yang berlebih, karena ini baru pertama kali Bapak menjabat sebagai Wali Kota. Tahun ini, tahun pertama kami menerima tamu sebagai Wali Kota," ujarnya, Selasa (28/05/19).

Ia juga menambahkan, tahun ini ia akan menerima tamu dan masyarakat Pontianak yang hadir ke kediaman mereka.

"Kami mempersiapkan diri, bagaimana tamu hadir untuk maaf-maafan, dan kemudian yang pasti shalat Ied di Korem (Red: Alun-alun Kapuas), kemudian sungkeman kepada orang tua. Itu sudah jadi tradisi kita," kata Istri nomor satu di Kota Pontianak itu.

Yanieta mengatakan, tradisi yang dilakukan setiap tahunnya pada saat Idul Fitri adalah shalat Ied di Alun-alun Kapuas, sungkeman, lalu pergi ke rumah orang tua, dan keluarga terdekat.

"Untuk open house Lebaran, Bapak (Red: Wali Kota) membuka dua hari. Hari pertama dan kedua jam 1 siang. Sebelum jam 1 siang, kami ke rumah orang tua. Untuk membagi waktunya, ya kita mempersiapkan fisik. Karena tamunya pasti full dari pagi sampai malam," jelas Yanieta.

Ia mengungkapkan, sebelum suaminya menjadi Wali Kota Pontianak, hal yang keluarga mereka lakukan adalah berkumpul bersama keluarga, lalu menikmati suasana kota.

"Kalau sebelum Bapak menjadi Wali Kota, kami sekeluarga kumpul. Anak-anak bantu saya beres-beres rumah. Tetapi, setelah Bapak menjadi Walikota, malam takbiran Bapak pasti jalan ya menghadiri acara-acara seperti meriam karbit. Pokoknya jalan melihat kota. Saya menunggu di rumah saja dikarenakan pasti banyak yang takbiran datang ke rumah," tambah Yanieta.

Sebagai seorang Ibu, dirinya berharap ketika hari raya Idul Fitri, anggota keluarga harus kumpul dengan lengkap.

"Anak saya semuanya di luar. Jadi kalau Idul Fitri begini, semuanya harus pulang. Apalagi saya sama Bapak kan sibuk, jadi memang Idul Fitri semuanya harus kumpul bersama," harap Yanieta.

Yanieta menceritakan dengan ceria, menu favorit yang harus selalu ada pada hari pertama Idul Fitri di rumahnya adalah gudeg.

"Bapak itu paling senangnya gudeg. Jadi di rumah saya, harus ada gudeg di hari pertama, dan anak-anak saya juga gitu. Setelah shalat Ied, kami pulang dan bermaaf-maafan, setelah itu kita makan gudeg," ungkap Yanieta.

Selama Rhamadan, Istri Wali Kota Pontianak, Yanieta Arbiastuti Edi Kamtono, tetap menyempatkan diri untuk berolahraga. Menurutnya, puasa bukan halangan, karena olahraga yang ia lakukan juga untuk menjaga stamina tubuh.

TerPopuler